Pengolahan Limbah Blue Jeans di Pekalongan Segera Dibangun

Laporan: Redaksi

Kepala BBTPPI, DR, Ir Sudarto MM

Kepala BBTPPI, DR, Ir Sudarto MM

SEMARANG, (TubasMedia.Com) – Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri (BBTPPI) Semarang, telah melakukan identifikasi untuk meneliti pencemaran sungai melalui pembuangan limbah industri pabrik tekstil di Pekalongan, Jawa Tengah.

Hasilnya kata Kepala BBTPPI, DR, Ir Sudarto MM kepada tubasmedia.com di ruang kerjanya kemarin membutkikan limbah pabrik tersebut berasal dari pelusuhan blue jeans yang dilakukan para pelaku industri di Pekalongan.

Untuk mengatasinya, BBTPPI mengusulkan agar untuk anggaran 2014 Pemda Pekalongan difasilitasi melakukan pembangunan sarana pengolahan limbah yang sekaligus menjadi percontohan. ‘’Kami usulkan nilainya sekitar Rp 300 juta,’’ kata Sudarto.

Sementara itu disebut, Pemda Pekalongan juga mendambakan adanya penataan kawasan indusri untuk dijadikan penampungan relokasi industri bule jeans. Usulan tersebut katanya masih dalam taraf pembahasan sebab yang mendesak dilakukan adalah pengolahan limbah industri, agar sungai tetap terhindar dari pencemaran. (sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar