Pengumuman Menteri Ditunda Isyaratkan Proses Seleksi Belum Selesai

231014 hl

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Penundaan pengumuman anggota kabinet menunjukkan isyarat bahwa proses seleksi belum selesai. Meskipun presiden mempunyai hak prerogatif dan memilih menteri, tapi Joko Widodo (Jokowi) harus hati-hati agar tidak menambah lawan.

Hal itu dikemukakan peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Indria Samego, menjawab pertanyaan tubasmedia.com, Rabu (22/10) malam, berkaitan dengan penundaan pengumuman susunan dan anggota kabinet oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Merujuk berita media massa, sebelumnya, Jokowi mengemukakan rencana, mengumumkan kabinet, Rabu. Sejauh itu, belum diperoleh informasi terbaru kapan kabinet itu diumumkan.

Menurut Indria Samego, berkaitan dengan susunan kabinet, Presiden Jokowi juga harus mendapat persetujuan dari DPR dalam melakukan perubahan nomenklatur kementerian. Hal itu sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Jika ketentuan tersebut dilanggar bisa menjadi pintu masuk bagi politikus untuk mempersoalkannya. (ender)

Berita Terkait