Pengusaha asal Korsel Serius Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Produsen baterai kendaraan listrik asal Korea Selatan (Korsel) LG Chem Ltd, tinggal selangkah lagi bakal menyepakati proyek baterai mobil listrik di Indonesia.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap perusahaan Korsel tersebut akan melakukan penandatanganan kerja sama pada pekan ini, asal tidak ada perubahan.

“Minggu ini kalau tidak ada perubahan LG Korea juga akan tanda tangan,” kata dia dalam webinar UGM, Selasa (17/11/2020).

Contemporary Amperex Technology Co. Ltd (CATL) asal China, dijelaskan Luhut sudah lebih dulu menandatangani kerja sama dengan Indonesia di proyek serupa.

“Jadi, saya sampaikan kemarin sudah ditandatangan CATL, Senin lalu antara CATL dengan Inalum untuk pembuatan lithium baterai,” sebutnya.

Luhut menegaskan bahwa pemerintah tidak mau lagi hanya ekspor barang mentah (raw material). Sebab, harganya akan sangat tergantung pada harga komoditas.

“Kita jangan hanya ekspor-ekspor raw material sehingga kita tergantung kepada harga komoditi. Dengan kebijakan (peningkatan nilai tambah) seperti ini, kita tidak akan tergantung sama itu (harga komoditas),” tambahnya.

Pernah diberitakan sebelumnya, dua perusahaan produsen baterai kendaraan listrik dunia itu akan berinvestasi sekitar US$ 20 miliar di proyek baterai di Indonesia.(sabar)

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar