Penting, Pemahaman Kebhinekaan Siswa

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

GARUT, (Tubas) – Pemahaman kebhinekaan di lingkungan sekolah sangat penting. Pemahaman itu sangat mempengaruhi moralitas dan sikap siswa dalam berinteraksi dengan lingkungan masyarakat Indonesia yang yang penuh keragaman, kata Kpsek SDN Cikembulan 3 Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut Drs. Andi Rohendi kepada tubasmedia.com , baru-baru ini.

Menurut Andi masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang terdiri atas berbagai macam suku, ras ,etnis, golongan, agama, budaya, dan sebagainya. Oleh karena itu, yang harus ditanamkan kepada anak didik dan di lingkungan keluarga sikap saling menghormati, tidak menganggap kelompok lain lebih rendah, toleransi dan kesediaan saling menerima segala perbedaan yang ada.

Untuk itu, tambah Andi perlu dikembangkan pelajaran kebhinekaan kepada siswa, dengan harapan agar siswa bergaul di lingkungan masyarakat mengerti tentang hormat menghormati, tercipta masyarakat yang harmonis setiap kelompok dapat hidup berdampingan dengan aman.

Pemahaman terhadap kebhinekaan di kalangan siswa tidak cukup dengan mengakui siswa telah pernah diajarkan. Namun, harus mampu menanamkan jiwa kebhinekaan yang bernilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Dengan pemahaman tersebut siswa bergaul dengan siapapaun di lingkungan masyarakat akan mempunyai nilai dan norma yang baik, mengerti perbedaaan masyarakat, ada sikap tulus dan ikhlas menerima kenyataan kemajemukan itu sebagai nilai positif dan merupakan rahmat yang maha kuas kepada manusia. (sighar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar