Penyerapan Alkes Buatan Dalam Negeri Sangat Rendah

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Menko Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan menyerukan kepada seluruh pemangku kepentingan khususnya pada jajarannya agar jangan main-main lagi.

‘’Kalau kita ingin negeri ini maju, mari kita kompak,’’ ujarnya pada acara jumpa pers secara virtual dengan tema upaya peningkatan penggunaan produk dalam negeri bidang alat kesehatan di Jakarta kemarin.

Khusus terhadap produk-produk buatan luar negeri yang masih menghiasi Indonesia, Luhut menyebut agar itu dihentikan. “Sampai kapan kita impor, masa kita gak bisa bikin sendiri di Indonesia,’’ tegasnya.

Menurutnya tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bisa memproduksi barang impor di dalam negeri.

‘’Angka-angkanya jelas, jenisnya jelas, speknya jelas dan nama produknya juga jelas. Lalu kenapa kita harus impor ?,’’ tanya Luhut.

Dijelaskan oleh Luhut bahwa penyerapan produk alat kesehatan (alkes) buatan dalam negeri teramat rendah semengtara nilai impornya cukup tinggi mencaoai angka lima kali lebih besar.

Hal ini katanya adalah pemborosan yang sudah kita lakukan dalam jangka yang cukup lama dan kini saatnya pemborosan itu dihentikan dengan cara meningkatkan kemamlpuan produk dalam negeri dan mengharuskan semua pihak menggunakan produk dalam negeri. (sabar)

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar