Penyuluhan Bahaya Narkoba Di SMK Mpu Tantular

penyuluhan

BANYUMAS, (tubasmedia.com) – Kesbanglinmaspol Kabupaten Banyumas melalui Ti P4GN menyelenggarakan penyuluhan bahaya narkoba di kampus “ Si Putih Abu-abu ” SMK MPU Tantular Kemranjen terhadap pelajar SLTP dan SLTA di wilayah Kecamatan Kemranjen. Sekitar 70 pelajar menerima materi dari Tim P4GN Kesbanglinmaspol yang dipimpin oleh Setia Mahendra, Msi. Kegiatan.

“ Masa depan pasti suram, hancur dan tidak memiliki harapan hidup yang lebih baik serta dikucilkan keluarga dan lingkungan,“ demikian pesan Ketua Tim P4GN kepada peserta penyuluhan.

Materi penyuluhan diberikan secara bergantian oleh pemateri yang berkompeten pada bidangnya. Mengenai dampak narkoba terhadap kejiwaan, materi disampaikan oleh dosen Psikologi UMP Suwarti, Msi.

Kemudian dari segi tindak pidananya materi disampaikan oleh Kasat Narkoba Polres Banyumas, AKP Suparya. Kegiatan ini juga dihadiri oleh unsur TNI dari Koramil 11 Kemranjen dan Polsek Kemranjen.

Alasan mengapa pangkalan SMK MPU Tantular Kemranjen dipilih oleh Tim P4GN Kesbanglinmaspol Kabupaten Banyumas menjadi tempat penyuluhan bahaya narkoba adalah letak sekolahan yang strategis dipinggir jalan raya yang dilalui jalur transportasi nasional wilayah Selatan yang cukup ramai.

Kondisi seperti dapat dimanfaatkan oleh pihak yang mencoba membentuk jaringan di kalangan generasi muda khususnya para pelajar. Kegiatan ini dimaksudkan untuk nmencegah dan memangkas peredaran narkoba di wilayah Kecamatan Kemranjen, walau tidak pernah ditemukan kasus yang besar tentang penyalahgunaan narkoba di daerah durian ini.

“Mencegah itu lebih baik, dan memberikan informasi yang benar dari sumber yang berkompeten sangat efektif untuk pelajar, agar tidak terjerat dengan narkoba,“ ujar Kepala Sekolah SMK MPU Tantular, Sri Handayani, S.Pd.

Narkoba adalah zat aditif yang sangat berbahaya bagi penggunanya bila disalahgunakan. Sebenarnya zat kimia ini diproduksi untuk kepentingan medis, yang digunakan untuk anastesi (pembiusan) oleh dunia kedokteran dalam kegiatan bedah operasi, dan juga digunakan oleh para militer di medan pertempuran untuk pertolongan darurat terhadap korban pertempuran.

Bahan dasar dari narkoba adalah kokain, heroin dan marijuana. Janganlah mendekati narkoba. Akibatnya bisa fatal, antara masuk penjara atau liang lahat. (nas sibarani)

Berita Terkait

Komentar

Komentar