Perajin Sepatu Cibaduyut Butuh Kredit Modal

Laporan: Redaksi

ilustrasi

ilustrasi

BANDUNG, (TubasMedia.Com) – Para pengrajin sepatu Cibaduyut berharap Wali Kota Bandung yang terpilih priode 2013-2018, memperhatikan nasib mereka. “Saya minta wali kota yang terpilih nanti memberikan fasilitas kredit modal untuk membeli mesin sisit dan mesin pres, guna membuat sepatu,” ujar Deden Sudrajat, pengrajin sepatu Sampurna Jaya, saat menerima kunjungan bakal calon Wali Kota Bandung, Erwan Setiawan, pekan lalu.

Menurut Deden, para pengrajin kecil tidak berharap dana hibah atau dana bantuan sosial, karena tidak mendidik bagi pengusaha. “Kami butuh kredit daripada dana hibah, karena dengan kredit punya kewajiban untuk mengembalikan, sehingga didorong bekerja keras,” ujar Deden.

Deden menyesalkan selama ini bantuan dari pemerintah salah sasaran, karena diberikan kepada pengusaha sepatu besar. Selain butuh kredit mesin, mereka juga butuh tenaga pengrajin karena terus berkurang dan tak ada generasi penerus. “Kami khawatir empat tahun mendatang, pengrajin sepatu akan punah,” ujarnya.

Mendengar keluhan para pengrajin itu, Erwan berjanji akan menyalurkan kredit, karena membantu pengrajin kewajiban pemerintah. “Saya minta Dinas Peindustrian dan Perdagangan memberikan bantuan kredit untuk pengrajin sepatu agar berkembang,” ujar Erwan.

Erwan mengatatan, para pengrajin sepatu juga butuh kulit yang sudah sulit diperoleh, sehingga pemerintah akan mencarikan solusinya. “Jika sudah diberi fasilitas mesin, maka hasilnya harus laku dijual. Warga Kota Bandung dianjurkan membeli sepatu produk Cibaduyut, untuk mencintai karya bangsa,” ujar Erwan.

Erwan juga minta para pengrajin memperbaiki kualitas sepatu, jika ingin bersaing dengan perusahaan besar. “Saya tadi keliling masih ada yang kasar, sehingga kurang menarik. Makanya, harus ada perbaikan kualitasnya,” ujarnya.

Sementara itu, Manager Persib, Umuh Muchtar berharap, agar pasangan Erwan kelak harus bisa mengemban amanah rakyat. (red/anthon)

Berita Terkait

Komentar

Komentar