Pergantian Kurikulum bagai Pergantian Penggunaan Ponsel

131214-NAS-1

JAKARTA, (tubasmedia.com) — Implementasi kurikulum 2013 membutuhkan persiapan pelatihan kesiapan guru, kata Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Anies Baswedan. Pergantian kurikulum 2006 ke 2013 seperti pergantian penggunaan ponsel dari BlackBerry ke Android.

“Kalau hanya dengan duduk di kelas, mendengarkan sama dengan ponsel Android, belum bisa menjalankan. Akan tetapi, kalau ada proses pelatihan yang lebih baik, insya Allah lebih baik,” jelas Anies dalam diskusi Perspektif Indonesia di Jakarta, Sabtu (13/12/2014).

Anies menambahkan penghentian sementara kurikulum 2013 untuk merevisi penerapannya. Pemerintah saat ini ingin mendorong peningkatan kompetensi guru dan pengembangan kepemimpinan kepala sekolah. Sekolah yang masih bisa menerapkan kurikulum 2013 selama pemerintah melakukan revisi.

Sekolah yang telah menerapkan kurikulum 2013 bisa menjadi acuan dan tempat belajar bagi guru dari sekolah lainnya.” Kurikulum bukan satu-satunya faktor yang menentukan kualitas pendidikan Indonesia” katanya.

Pada kesempatan yang sama Sekjen Forum Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti mengungkapkan minimnya pelatihan guru dalam penerapan kurikulum 2013. Sosialisasi kurikulum guru hanya diberikan pelatihan lima hari dengan model compact disc. (siswoyo)

Berita Terkait

Komentar

Komentar