Pergelaran Kemilau Nusantara ke-8 Dibuka

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

PAMERAN KEMILAU- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan membuka Pagelaran Kemilau Nusantara ke-8 yang digelar di Lapangan Pemerintah Kabupaten Bogor Tegar Beriman, Minggu (23/10) pagi. (tubasmeiia.com/damanik)

BANDUNG, (Tubas) – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan membuka pergelaran Kemilau Nusantara ke-8 yang dilaksanakan di Lapangan Pemkab Bogor Tegar Beriman, Minggu pagi pekan lalu. Pembukaan pergelaran bertajuk “Semarak Budaya” itu ditandai dengan pemukulan jimbe oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

Pagelaran tersebut merupakan yang ketujuh kalinya Pemprov Jabar dipercaya pemerintah pusat menggelar acara tingkat nasional Kemilau Nusantara. Kepercayaan itu menunjukan Jabar sebagai provinsi yang memiliki keunikan seni budaya terbesar di Indonesia.

“Melalui even ini, saya menyampaikan kepada Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk lebih memperhatikan potensi wisata di Jawa Barat. Karena dengan dorongan pemerintah pusat melalui APBN dapat mendorong pembangunan kawasan wisata yang banyak tersebar di Jawa Barat.

Dengan demikian dapat menumbuhkan kawasan pertumbuhan baru yang ekonominya ditopang kekuatan wisata lokal,” tegas Heryawan di hadapan ratusan delegasi seni budaya dari 23 kabupaten/kota se Jawa Barat dan 14 provinsi di Indonesia.

Heryawan mencontohkan potensi kawasan wisata Kawah Putih yang terletak di Ciwidey. Dengan ciri khasnya yang tidak ada di kawasan lainnya di dunia. Pengunjung dapat menyentuh langsung air hangat dengan kepulan asap di sekitar kawah.

Namun sayangnya karena kondisi infrastruktur yang belum memadai menjadi kendala tersendiri dalam pengembangannya. “Butuh komitmen kuat pemerintah melalui APBN untuk turut membangun infrastruktur yang mendukung pengembangan kawasan wisata guna menggerakan perekonomian rakyat sekitar kawasan,” harapnya. (damanik)

Berita Terkait

Komentar

Komentar