Perlu Koordinasi dengan Pemerintah Pusat

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

MEDAN, (Tubas) – Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPRD Sumut minta Plt Gubsu Gatot Pujo Nugroho melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dalam penurunan biaya alokasi Sumut mensukseskan program cluster IV dengan total anggaran secara nasional Rp 9,14 triliun.

Permintaan itu tertuang sebagai salah satu rekomendasi FPD DPRD Sumut yang disampaikan jurubicara fraksi Mustofawiyah Sitompul dalam rapat paripurna DPRD yang membahas Raperda dan nota keuangan dan RP-APBD 2011 yang dipimpin Ketua DPRD H Saleh Bangun didampingi wakil ketua Chaidir Ritonga, M Affan dan Sigit Pramono Asri, di gedung DPRD, pekan lalu.

Program cluster IV ini juga kembali diingatkan Sekretaris FPD M Yusuf Siregar dan wakil sekretaris fraksi Hj Melizar Latief, Dirkhansyah Subhan Ali dan bendahara Hj Ida Budiningsih sebagai program pemerintah yang dimulai tahun 2011 sampai 2012 meliputi program rumah sangat murah, angkutan murah pedesaan, air bersih untuk rakyat, listrik murah dan hemat, peningkatan kehidupan nelayan dan masyarakat miskin perkotaan.

“Sebelumnya pemerintah telah menunjukkan antusiasmenya memperhatikan program-program kerakyatan dengan telah melakukan program tersebut melalui cluster I, II dan III telah terlaksana sampai akhir tahun 2011,” ujar Melizar.

Disebutkan Melizar, FPD menyampaikan 10 rekomendasi yang disampaikan Mustofawiyah Sitompul dan meminta Plt Gubsu mengalokasikan program gender sejalan program nasional millennium development goals yang telah direncanakan pemerintah. Untuk meningkatkan local discretion dalam melaksanakan otonomi daerah dan desentralisasi fisKal, Pemprovsu perlu meningkatkan kapasitas fiskal daerah dengan menutup kesenjangan melalui pembenahan pengelolaan penerimaan daerah. (hamonangan)

Topik :

Berita Terkait

Komentar

Komentar