Pers Jangan Jadi Terompet Kegaduhan Kekuasaan

terompet

BATAM, (tubasmedia.com) – Media massa jangan menjadi terompet atau bagian dari suasana kegaduhan kekuasaan yang belakangan ini ditampilkan oleh para pelaku politik, pinta Ketua Dewan Pers Bagir Manan.

“Dalam suasana kegaduhan kekuasaan, pers atau media tidak menjadi terompet, apalagi menjadi bagian dari kegaduhan itu sendiri,” jelasnya dalam sambutan acara Konvensi Media Massa pada perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2015, di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (7/2/2015).

Bagir berharap pers dan media massa di Indonesia senantiasa menggiatkan agar pelaku politik dan kenegaraan berhenti dari kegaduhan yang hanya untuk memperoleh atau berbagi kekuasaan semata.

“Pers atau media harus menempatkan diri sebagai the spearhead, keluar dari berbagai kegaduhan yang tidak memberi manfaat bagi kepentingan rakyat banyak,” katanya.

Menurut Bagir di tengah pemerintahan baru sekarang ini, pers harus mampu melindungi dirinya sendiri dengan menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional sesuai ketentuan kode etik jurnalistik dan Undang-Undang Pers.

Kegiatan peringatan Hari Pers Nasional 2015 berlangsung 1-10 Februari 2015 di Batam dan Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Puncak acara dijadwalkan 9 Februari 2015 di Hotel Harmoni One, Batam, dan akan dihadiri Presiden Joko Widodo. (siswoyo)

Berita Terkait

Komentar

Komentar