Pertama di Sumut, Humbahas akan Miliki MPP

DOLOKSANGGUL, (tubasmedia.com) – Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) akan segera memiliki Mall Pelayanan Publik (MPP) Humbahas yang merupakan MPP pertama di Sumatera Utara (Sumut).

Pembangunan MPP itu dimaksudkan untuk memberi pelayanan yang lebih baik ke masyarakat dengan mengintegrasikan pelayanan publik yang diberikan kementerian, lembaga pemerintah daerah propinsi, kabupaten/kota/BUMN/BUMD secara terpadu satu tempat yang dilaksanakan dengan prinsip keterpaduan, koordinasi, akuntabilitas, aksesibilitas, kenyamnan, keamanan pelayanan, meningkatkan daya saing dan memberikan kemudahan berusaha.

Hal itu disampaikan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor kepada sejumlah awak media Selasa 21/12 di Rumah Dinas Bupati Bukit Inspirasi Doloksanggul.

Pemerintah akan memberikan pelayanan publik lebih gampang dan tanpa biaya. Dengan demikian, oknum yang selama ini menjadi calo akan dipangkas termasuk beberapa oknum perangkat desa yang berperan seperti calo membuat pelayanan publik seperti pelayanan KTP, Akte Lahir dll  dengan biaya tinggi karena masyarakat banyak tidak tahu dan tidak mengerti.

“Untuk itulah kita bangun MPP. Kita berikan pelayanan publik yang lebih nyaman tanpa biaya kepada masyarakat,” kata Dosmar.

Masih kata Dosmar, pada MPP itu nantinya terdapat 18 instansi pelayanan publik yang terdiri dari 8 instansi Pemkab, 1 instansi Pempropsu dan instansi pusat serta 4 instansi Pusat unit layanan BUMN.

Kita membangun MPP ini untuk mengurangi beban dan penderitaan masyarakat dimana selama ini mendapat pelayanan yang berbelit-belit dalam banyak urusan  sehingga memilih  calo untuk mengurusnya  membuat biaya tinggi.

Dia menambahkan bahwa pembangunan MPP itu akan dimulai pada tahun anggaran 2022 dengan biaya pembamgunan fisik Rp 10 miliar belum termasuk fasilitas pendukung .(edison ompusunggu).

Berita Terkait