Pesta Rakyat Warnai Hari Jadi Kabupaten Malang

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

MALANG, (TubasMedia.Com) – Menyambut Hari Jadi Kabupaten Malang yang ke-1252, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Malang kini tengah sibuk menyiapkan berbagai ragam acara. Kepala Disbudpar drg. Ratna Nurhayati Msi telah menyiapkan konsep acara yang sangat menarik.

Hal ini dibenarkan oleh Kasi Informasi dan Promosi Disbudpar Kabupaten Malang, Kinta Ramayanti. Dikatakan, persiapan Hari Jadi Kabupaten Malang diarahkan pada persiapan pesta rakyat. Grebeg Singhasari yang digabungkan dengan konsep pesta rakyat telah dipersiapkan dengan matang dan siap dilaksanakan pada puncak acara perayaan HUT Kabupaten Malang yang ke-1252 pada November mendatang.

Panggung utama di perempatan jalan besar di Kepanjen, yaitu persimpangan Jalan Ahmad Yani, Jalan Kawi, Jalan Sumedang, serta Jalan Sultan Agung. Sepanjang Jalan Ahmad Yani akan menjadi area utama dari perayaan HUT tersebut. Di sepanjang jalan itu akan ada banyak hiburan bagi masyarakat kabupaten. Mulai dari pagelaran sendra tari kolosal hingga penampilan ikon pariwisata yakni Ken Dedes dan Ken Arok.

Akan ada pula tari legendaris yaitu Tari Bedoyo yang konon berasal dari Malang. Selain itu tujuh kota Festival Kesenian Kawasan Selatan Jatim juga akan hadir ikut merayakan HUT Kabupaten Malang.

Drg. Ratna Nurhayati Msi saat dikonfirmasi di sela-sela perayaan nyadran di Desa Ngadas Kecamatan Poncokusumo menjelaskan, penggabungan konsep Grebeg Singhasari dan pesta rakyat akan menghasilkan acara yang lebih megah dari pada acara HUT tahun sebelumnya. “Karena pesta rakyat yang menarik perhatian masyarakat dipadukan dengan kebudayaan tradisional di Kabupaten Malang ini tentu hasilnya megah sekali,” ujarnya.

Ia berharap dengan sedikit penggabungan kedua konsep pada puncak acara yang namanya belum bisa dipublikasikan itu, bisa menyedot perhatian serta bisa menghibur masyarakat Kabupaten Malang. (suwiknyo)

Berita Terkait

Komentar

Komentar