Petani Relakan Sawah untuk Akses Jalan

Laporan: Redaksi

ilustrasi

PURBALINGGA, (tubasmedia.com) – Petani pemilik tanah di Kelurahan Purbalingga Kidul mendukung rencana Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) ‘Maju Makmur’ membangun jalan untuk membuka akses ke lahan pertanian mereka. Untuk pembuatan jalan usaha tani tersebut, para petani sepakat merelakan sebagian tanahnya untuk pembangunan jalan tanpa menuntut ganti rugi.

“Untuk itu, kami bersama 35 lebih pemilik tanah, telah sepakat menyediakan tanah seluruhnya seluas tiga meter persegi, sepanjang 1.000 meter, atau jumlah keseluruhan 3.000 meter persegi dengan tidak meminta ganti rugi”, kata Ketua P3A ‘Maju Makmur’, Pardjono, Selasa pekan lalu.

Pemkab Purbalingga menyambut baik rencana tersebut dan akan memfasilitasi keinginan para petani membuka akses jalan ke lahan pertanian mereka. Namun Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto mengingatkan agar pembangunan jalan tersebut tidak melalui hutan kota.“ Kalau bisa, pembuatan jalan tersebut tidak menerobos atau memotong hutan kota di areal Stadion Goentoer Darjono” kata Sukento, saat menerima Ketua P3A ‘Maju Makmur’, Pardjono.

Sukento menyatakan sepanjang pembuatan jalan usaha tani tersebut tidak bertentangan dengan tata ruang yang ada, maka pihaknya siap mendukung. Namun P3A juga harus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak lain terkait rencana pagar keliling lingkungan stadion Goentoer Darjono. Sukento mengapresiasi kesediaan para petani yang dengan suka rela akan menyediakan tanah miliknya untuk membuat jalan. Pembangunan jalan tersebut selain untuk mempermudah akses para petani dalam menjalankan aktifitasnya juga mendukung perkembangan perekonomian para petani. (joko suharyanto)

Topik :

Berita Terkait

Komentar

Komentar