Pimpinan DPR Ini Dukung Kenaikan Anggaran Parpol

Fahri-Hamzah

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah mendukung rencana Presiden Joko Widodo untuk menaikan anggaran bantuan bagi partai politik. Hal ini menurutnya adalah salah satu langkah untuk menghilangkan korupsi karena dengan cara itu maka keuangan parpol dapat dikendalikan.

“Saya dukung Jokowi jika mau menghilangkan korupsi maka keuangan partai politik harus dikendalikan. Ada tiga terkait hal ini. Di Eropa Barat pembiayaan partai politik ditanggung pemerintah. Kedua, Amerika,dimana sumbangan swasta tidak dibatasi tapi kontrol diperkuat melalui pemeriksaan BPK. Ketiga seperti di Jepang dan Kanada, diambil dari instrumen negara seperti pajak dan cukai,” kata Fahri di Jakarta, Kamis (26/6/2015).

Pembiayaan parpol selama ini di Indonesia tidak diatur tegas dan oleh karena itu sudah saatnya Indonesia perlu mengambil ketegasan. ”Karena tidak bisa parpol tidak diatur sumber pemasukannya. Kalau betul pemasukkan dari swasta,maka jangan lagi orang yang bertransaksi dengan parpol dianggap nista dan koruptor,” jelasnya.

Terkait bagaimana nanti pengawasannya, Fahri menegaskan bahwa hal itu sangat tergantung dari pola mana yang akan digunakan. Kalau sumbernya dari pemerintah maka tentu pos yang dialokasikan yaitu melalui KPU dan Bawaslu.

“Tapi privat maka harus ada rekening khusus yang terdaftar di KPU dan diaudit BPK karena jatuhnya pun keuangan negara disumbangkan melalui otoritasi negara,” tandasnya. (nisa)

Berita Terkait