PMI Diminta Siaga Hadapi Bencana Alam

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

PURBALINGGA, (TubasMedia.Com) – Bupati Purbalingga H Heru Sudjatmoko meminta seluruh jajaran Palang Merah Indonesia (PMI) Purbalingga selalu siap dan siaga. Anjuran ini berkaitan dengan munculnya sejumlah bencana alam di beberapa wilayah di Purbalingga seperti tanah longsor, banjir, dan angin ribut. Hal tersebut disampaikan Bupati dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Setda Purbalingga, Susilo Utomo, saat membuka Musyawatah Kerja (Muker) PMI tahun 2013, Sabtu (23/2).

”Dalam menghadapi bencana, PMI dituntut untuk selalu siap dan siaga. Oleh karenanya dibutuhkan anggota ataupun relawan PMI yang ikhlas dan siap berjuang untuk melaksanakan tugas kemanusiaan. Kesiapsiagaan dan keikhlasan anggota ini tentunya harus diimbangi dengan organisasi yang solid,” pinta Bupati Heru Sudjatmoko.

Musyawarah diikuti oleh para pengurus PMI kabupaten, Pengurus PMI kecamatan se-Purbalingga, perwakilan KSR (Korps Suka Rela), TSR (Tenaga Suka Rela), anggota Forpis (Forum Remaja Palang Merah Indonesia), dan pembina PMR. Ikut hadir pula perwakilan PMI Korwil III Jateng Budi Haryanto.

Ketua PMI Purbalingga Suyitno mengungkapkan, untuk memberikan pelayanan kemanusian khususnya terhadap korban bencana alam, pada tahun 2013 PMI menaikkan indek bantuan. Setiap Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya hancur akan dibantu Rp 500 ribu, sebelumnya hanya Rp 350 ribu. Untuk rumah rusak berat naik dari Rp 250 ribu menjadi 350 ribu, dan rusak ringan dari Rp 150 ribu naik menjadi Rp 250 ribu.

“Dana siaga bencana di tingkat pengurus PMI kecamatan juga dinaikkan dari Rp 1 juta menjadi Rp 1,5 juta,” kata Suyitno sembari menambahkan selama tahun 2012 realisasi kesiapsiagaan bantuan bencana sebesar Rp 150,8 juta dan pada tahun 2013 dianggarkan Rp 223,6 juta. (joko suharyanto)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.