PNB HKI Daerah 1 Sumatera Timur 1 Desak Pemerintah Usut Tuntas Akar Masalah Banjir Bandang di Parapat

PARAPAT, (tubasmedia.com) – Punguan Naposo Bulung (PNB) Huria Kristen Indonesia (HKI) Daerah 1 Sumatera Timur 1 berharap agar Pemkab Simalungun mengusut akar permasalahan pasca banjir bandang di Parapat.

‘’Mengapa terjadi banjir dan hampir terjadi setiap tahun. Itu perlu diusut sehingga tahun mendatang hal tersebut tidak terulang lagi apalagi  Parapat adalah wajah Pariwisata Danau Toba,’’ kata Ketua PNB HKI Daerah 1 Sumatera Timur 1, Irwandi Sirait di Parapat, Sabtu.

Irwandi yang dikenal juga sebagai penggiat sosial dan aktifis lingkungan itu menyatakan keprihatinannya atas musibah banjir yang melanda kota Parapat, ‘’Kita sangat menyayangkan hal ini sudah beberapa kali terjadi longsor dan banjir. Tapi banjir yang paling parah adalah yang kemarin 13 Mei 2021. Pemerintah sepertinya sudah seharusnya membuka mata akan banjir ini,’’ tambahnya.

Dia juga mendesak Pemerintah Simalungun maupun Pemerintah Provinsi Sumut agar mencari akar persoalan yang sudah berkali-kali menimpa kota Wisata itu,’’ katanya.

Sememgara itui, Irwandi bersama anak-anak muda HKI se-Daerah 1 Sumatera Timur 1 turut serta memberikan tenaganya membantu warga Parapat bergotong-royong membersihkan kota wisata Parapat, usai banjir bandang.

Dia juga menyebut, musibah banjir dan longsor yang menimpa kota wisatata Parapat 13 Mei 2021 adalah akibat dari rusaknya ekosistem di daerah perbukitan. Karena itu tidak ada alasan bagi pemerintah dan juga DPRD Simalungun untuk tidak menuntaskan akar permasalahannya. (sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar