Polisi Sudah Kantongi Identitas Pencuri Uang Rp 1,6 M dari Parkir Gubsu

MEDAN, (tubasmedia.com) – Polisi mengaku sudah mengantongi identitas para pelaku pencurian uang tunai senilai Rp.1,6 miliar milik Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemprov Sumatera Utara, yang hilang saat disimpan di dalam mobil di pelataran parkir Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jalan Diponegoro, Kota Medan, pada Senin, 9 September 2019 lalu.

Namun mereka belum mau mengungkap jumlah dan identitas para tersangka. “Identitasnya sudah kita pegang. Itu yang penting. Ini sedang pengejaran. Segera kita tangkap. Mohon doanya,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Medan, AKBP Putu Yudha Prawira, Rabu (18/9/2019).

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahyamadi menyebutkan, pihaknya juga melakukan pemeriksaan secara internal atas insiden hilangnya uang tersebut. Menurut Edy, ada kejanggalan dan dugaan kesalahan prosedur sehingga membuat uang tersebut hilang.

Untuk pemeriksaan internal itu, kata Edy, inspektorat Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sudah memeriksa sebanyak 16 orang saksi. Jika nantinya terbukti ada pelanggaran prosedur, maka pihak-pihak yang diduga lalai akan dikenakan sanksi.

Diberitakan sebelumnya, uang tunai senilai Rp.1. 672.985.500 milik BPKAD Pemprov Sumatera Utara hilang dari dalam mobil Toyota Avanza BK 1875 ZC yang diparkirkan pelataran Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jalan Diponegoro, Medan pada Senin 9 September 2019 sekitar pukul 17.00 WIB.

Uang itu yang merupakan honor kegiatan pegawai itu sebelumnya ditarik dari Bank Sumut Cabang Utama di Jalan Imam Bonjol, Medan oleh dua pegawai BPKAD. Namun setibanya di kantor Gubernur, uang tersebut tidak dibawa ke gedung, justru ditinggal di dalam mobil.

Sementara kedua pegawai itu pergi salat Ashar dan sekaligus melakukan absen pulang. Ketika mereka kembali ke mobil, slot kunci mobil sudah dirusak dan uang tersebut hilang. Kasus itu pun dilaporkan ke Polisi.(red)

Berita Terkait

Komentar

Komentar