Politisi Golkar Sambut Baik Usulan Mendagri Parpol Dibiayai Negara

wpid-wp-14258184274213

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Anggota Komisi XI DPR, Muhammad Misbakhun mengingatkan kepada Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo agar dana partai politik yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dibagi secara proporsional. “Nanti mekanisme apakah Rp1 triliun masing-masing parpol, idealnya proporsional berdasarkan perolehan kursi untuk parpol, kalau partai baru setelah pemilihan (dan dapat kursi),” kata dia saat dihubungi wartawan, Jakarta, Senin (9/3/2015).

Politikus Partai Golkar itu menilai adil lantaran sesuai dengan proporsi perolehan kursi. Bahkan akan tak adil jika tidak dipukul secara merata, pandangnya. Berkenaan dengan wacana ini, ia menyebutkan jika ada mekanisme dan dasar hukum yang jelas maka DPR bisa saja menyetujuinya. Apalagi mengingat untuk efesiensi pembiayaan agar tak terjadi korupsi.

“Menurut saya asal itu memadai dari sisi aturan dan dasar hukum ada ide terobosan ingin mencari jalan keluar pasti DPR dikomunikasi cara apa ke depan,” sebutnya. Misbakhun mengatakan tak perlu khawatir adanya penyelewengan dana. Jika ada partai politik yang menyelewengkan dana maka bisa diselesaikan dengan cara dilakukan penuntutan. “Kalau ada pelanggaran sanksinya harus jelas, kalau mau diskusi arahnya ke sana,” pungkasnya. (nisa)

Berita Terkait

Komentar

Komentar