Dirjen PPI Tawarkan Kemudahan Berinvestasi Kepada Calon Investor

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Kementerian Perindustrian dalam hal ini Direktorat Jenderal Pengembangan Perwilayahan Industri (PPI) terus melakukan terobosan membenahi kawasan industri, agar para investor asing dan dalam negeri semakin tertarik untuk inves di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Dirjen PPI, Imam Haryono di Jakarta, Selasa. ‘’Kami tau, bahwa main cost para investor adalah kemudahan dan kenyamanan berusaha dimana-pun mereka berinvestasi dan kemudahan serta kenyamanan itu pula yang kita tawarkan kepada mereka sehingga mereka yakin,’’ katanya.

Dan atas semua fasilitas yang diberikan kepada para investor, lanjutnya, arus investor asing untuk berinvestasi di Indonesia, terus mengalami peningkatan dan paling terasa, katanya periode 2010 hingga 2016.

Sementara itu disebut, Kementerian Perindustrian, telah menerbitkan 16 rekomendasi kawasan industri baru dengan luas total 8.510 hektare. Menurutnya, rekomendasi kawasan industri itu tersebar di provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, Jambi dan Gorontalo.

Dari 16 kawasan industri, tujuh di antaranya berada pulau Jawa yakni Karawang, Bekasi, Majalengka, Tangerang dan Sidoarjo. Sementara di Kalimantan, rekomendasi kawasan industri berada di Ketapang dan Penajam Paser Utara.

Di Sumatera, letaknya di Deli Serdang, Simalungun dan Muaro Jambi. Di Gorontalo, rekomendasi kawasan industri yang telah diterbitkan Ditjen PPI ada di Gorontalo Utara.

Dijelaskan oleh Imam, sepanjang 2014 hingga 2016, terjadi peningkatan kawasan industri dari sisi jumlah maupun luas. Dari 74 kawasan industri pada 2014 bertambah jadi 87 kawasan pada 2016.

Sementara itu, dari sisi luas peningkatannya mencapai 64,67 persen. Di luar Jawa, kawasannya meluas dari 28,01 persen menjadi 42,42 persen pada 2016. (sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar