Prioritaskan Bahan Baku Industri di Dalam Negeri

231114-industri1

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Pemerintah diharapkan memprioritaskan pengadaan bahan baku di dalam negeri dalam upaya mengembangkan industri otomotif dan komponennya. Dengan demikian, industri tidak bergantung lagi pada bahan baku impor.

Hal itu dikemukakan Ketua Koperasi Industri Komponen Otomotif (KIKO) Indonesia, M. Kosasih, kepada tubasmedia.com di Jakarta, Minggu (23/11/2014) pagi, sehubungan dengan pernyataan Menteri Perindustrian Saleh Husin di Karawang, Jumat (21/11), bahwa penguatan industri komponen di dalam negeri juga dibutuhkan untuk mengurangi ketergantungan industri perakitan pada komponen impor.

Kosasih mengatakan, pihaknya senang mendengar pernyataan itu. “Semoga begitu juga dengan implementasinya. Artinya, disertai dengan regulasi pasar, pembinaan, dan pembiayaan untuk mengembangkan industri komponen di dalam negeri,” katanya.

Mengenai penelitian dan pengembangan atau R & D, dikemukakan, jelas harus di tangan pemerintah bersama pelaku usaha agar dapat nyambung, sehingga apa yang diteliti menjawab kebutuhan dan dapat diimplementasikan. (ender)

Berita Terkait

Komentar

Komentar