Program KB Antisipasi Laju Pertumbuhan Penduduk

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

CIAMIS, (Tubas) – Diperkirakan tahun 2020 di Indonesia akan terdapat 23 kota yang jumlah penduduknya di atas 1 juta jiwa. Di antaranya 11 kota berada di Pulau Jawa. Lima dari 23 kota tersebut akan berpenduduk di atas 5 juta jiwa.

Pertumbuhan penduduk diperkotaan disatu sisi, menyebabkan pertumbuhan penduduk perdesaan mengalami stagnasi dan bahkan terdapat kecenderungan menurun. Hal ini juga menunjukkan adanya perubahan masyarakat pedesaan yang telah menjadi perkotaan.

Data menunjukkan bahwa laju pertumbuhan penduduk di perkotaan jauh di atas laju pertumbuhan di daerah perdesaan. Pada tahun 1990, persentase penduduk perkotaan baru mencapai 31 persen dari total penduduk Indonesia. Namun tahun 2000 lalu telah mencapai 42 persen dan diproyeksikan pada tahun 2025 keadaannya berbalik, yaitu perkotaan berpenduduk 57 persen dan perdesaan 43 persen. Hal ini juga ditunjukkan dengan perbandingan kecepatan pertumbuhan penduduk perkotaan dan perdesaan yang semakin besar, yaitu dari 6 : 1 menjadi 14 : 1.

Banyak studi memperlihatkan bahwa tingkat konsentrasi penduduk di kota-kota besar telah berkembang dengan pesat. Studi yang dilakukan oleh Warner Ruts tahun 1987 menunjukkan bahwa jumlah kota-kota kecil (100 ribu penduduk) sangat besar dibandingkan dengan kota menengah (500 ribu sampai 1 juta penduduk).

Kondisi ini mengakibatkan perpindahan penduduk menuju kota besar cenderung tidak terkendali. Ada fenomena dimana kota-kota besar akan selalu tumbuh dan berkembang, kemudian membentuk kota yang disebut kota-kota metropolitan. (mamay)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.