PT Pos Indonesia, Targetkan Raih 30 % Bisnis Kurir

Laporan: Redaksi

Pos Indonesia

Pos Indonesia

BANDUNG, (Tubas) – PT Pos Indonesia (Persero) menargetkan bisa meraih 30% pangsa pasar bisnis jasa pengantaran surat dan dokumen (kurir) pada 2015 nanti. Saat ini, pihak pos hanya menguasai 13,5%, jauh tertinggal dari kompetitor utamanya, Tiki JNE, yang menguasai sekitar 20% pangsa pasar nasional.

“Kami memang tertinggal, padahal PT Pos tadinya memonopoli bisnis mail. Ada banyak hal yang harus kami benahi dan kerjakan,” ujar Dirut Pos Indonesia I Ketut Mardjana seusai acara penyerahan bantuan mobil ambulans kepada Yayasan Bunga Kamboja, pekan lalu di Gedebage Kota Bandung.

Selain itu, kata Ketut, pihaknya akan mengembangkan perusahaan logistik yang efisien dan kompetitif. Dia menambahkan, targetnya pada 2015 perusahaan ini meraih pendapatan Rp 6,7 triliun. Pada 2010 perusahaan ini memperoleh pendapatan Rp 2,6 triliun.

Menurut Ketut, dari 2009 hingga 2010 dari hasil program penyehatan internal perusahaan telah dibukukan laba Rp 81 miliar pada 2009 dan Rp 45 miliar pada 2010. “Kecenderungan perolehan laba juga terlihat pada triwulan I di tahun 2011 yang berhasil membukukan laba sebesar Rp58 miliar,” paparnya.

Ketut juga mengharapkan, ada regulasi yang jelas mengenai struktur PT Pos Indonesia dari pemerintah sebagai perusahaan bisnis. Belum adanya regulasi yang jelas tersebut, kata Ketut, menyebabkan Public Service Obligation (PSO) PT Pos ditetapkan berdasarkan suatu keputusan yang jauh dari pengeluaran. (iwan p)

Berita Terkait

  1. herry sadewa 12 Juni 2012, 22:05

    POS Indonesia boleh2x aja mau tingkatinpangsa pasarnye……………….. asalkan …..FAIR PLAY BEGI TOOOOH….. JANGAN BATASIN KURIR SWASTA BUAT BERSAING GETOOOOOHHHHHHHH !!!!! :roll: :roll: :roll:

    Reply
  2. Q stju bgt am pendapat slamet ainurahman,mereka cuma ambl keuntngany aj.pdhl ngirmy lewat pos juga,so pinter juga ya

    Reply
  3. bantu saya dong rekan rekan.
    butuh jawaban kalian dari pertanyaan saya untuk suatu penelitian

    1. pilih mana antara jasa kiriman pos atau perusahaan ekspedisi lain jika kalian akan mengirimkan suatu barang? (tidak perlu pakai alasan)

    2. puas atau tidak puas dengan pelayanan yang diberikan pt.pos?

    thx

    Reply
  4. sebenernya jasa kurir pos lebih baik dikarenakan PT.pos punya kantor cabang di setiap daerah nya di banding tiki dan jne yang hanya ada beberapa di setiap daerah nya. so musti nya lebih cepat pake jasa layanan pos donk……

    Reply
  5. slamet ainurrahman 16 Juni 2011, 22:57

    real fact di lapangan tiki jne bnyk keteteran dan dititipkan ke pos utk finishingnya tp costumer menganggap itu kiriman dr tiki jne padahal yg nganter itu pak pos ddduh kasihan banget pak pos nya..tp lbh kasihan n lbh memalukan bila kenyataannya costumer nanti ngerti kalo bisnis kurirnya hanya selogan aja…n pasti lambat laun mrk tahu yg sebenarnya :lol:

    Reply
  6. Secara historis pt pos itu sudah tua bahkan sudah bangkotan tapi secara bisnis pt pos ketinggalan,ironis sekali.

    Reply
  7. didik hariyanto 8 Juni 2011, 17:37

    Walau usia masih belia seperti JNE bisa mendapat 20% itu adalah suatu yang wajar apalagi bisnis kurir adalah sebuah kepercayaan, dengan dukungan riset untuk menciptakan produck baru itulah yang akan dapat simpati customer, Karena kebutuhan custemer semakin kedepan tdak hanya sekedar mail dan logistik aja ……..Maju terus JNE We Always support you…… ;-)

    Reply
    • Setuju sama yang diatas. Walaupun saya sedih produk pemerintah rata2 bernasib seperti PT Pos Indonesia.

      Mau sih dukung perkembangan perusahaannya, tapi ragu juga kalau mau make jasanya soalnya udah tau bagaimana sistemnya (bukan orangnya loh yah).

      Reply
  8. 265 tahun berkiprah pos hanya menguasai pasar 13.5 persen dari lahan kurir,pos menargetkan 30 persen itupun dimasa depan nanti tepatnya 2015.dalam kurun waktu yang cukup panjang ini seharusnya 75 persen pasar mail dan logistik sudah dikuasai oleh pos,…!

    Reply
  9. maju terus pos indonesia, ane dukung deh usahanya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.