Rajapolah, Pusat Kerajinan Anyaman dan Kompor

20141201235010

TASIKMALAYA, (tubasmedia.com) – Berkunjung ke Tasikmalaya tidak lengkap rasanya jika tidak bawa oleh-oleh khas daerah ini. Apa kira-kira yang pas untuk kenang-kenangan dan hadiah untuk kerabat? Dapat ditemukan, antara lain, di Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
Rajapolah sendiri sebenarnya merupakan nama salah satu kecamatan yang dikenal sebagai pusat industri rumahan untuk kerajinan anyaman dan kompor. Lokasinya terletak kurang lebih 12 km di sebelah utara Tasikmalaya.

Di sepanjang jalan lintas menuju Bandung, terdapat kios-kios handicraft bertebaran menjajakan produk khas kerajinan tangan yang unik, yang hampir semuanya handmade.

Banyak produk suvenir dan aksesori unik yang bisa menjadi pilihan, mulai dari tas anyaman, dompet, miniatur becak, miniatur mobil, tempat pensil, gelang, dan masih banyak lagi. Selain unik, produk kerajinan yang dijual dikenal murah dan cukup awet.

Kerajinan anyaman di Rajapolah sebagian dibuat dari mendong. Mendong adalah tumbuhan sejenis rumput yang tumbuh di rawa-rawa (situ). Tanaman liar yang tumbuh memanjang hingga lebih dari 1 meter ini dikeringkan, kemudian dianyam secara manual menjadi tikar dan berbagai kerajinan lainnya. Selain mendong, bahan yang umum digunakan adalah bambu, pandan, dan enceng gondok.

Selain produk-produk Rajapolah, di sini juga dapat ditemui berbagai kerajinan lain yang menjadi ciri khas Kota Tasikmalaya, seperti kelom geulis, payung geulis, dan kerajinan bordir. (hakri miko)

Berita Terkait

Komentar

Komentar