Rakor Gubernur, Daya Saing Daerah Dapat Ditingkatkan

rakor-gubernur

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Daya saing daerah pasti dapat ditingkatkan sejauh adanya dukungan politik dari pemerintah pusat. Selain itu, dukungan pembangunan secara objektif, berdasarkan pertimbangan nyata, tidak hanya jumlah penduduk, juga aspek geografis, serta sumbangsih atas kebersaman berbangsa dan bernegara.
Hal itu dikemukakan pengamat politik dan lingkungan, Sahat Marojahan Doloksaribu, kepada tubasmedia.com di Jakarta, Senin (24/11/2014), menanggapi diselenggarakannya rapat koordinasi gubernur dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Senin ini. Dalam rakor itu, setiap gubernur diminta menyampaikan permasalahan di daerahnya.
Dikatakan, perkembangan pemerintahan provinsi, kabupaten, dan kota, setelah reformasi cenderung “kebablasan” dan diduga terjadi perusakan lingkungan. Oleh karena itu, perlu evaluasi menyeluruh, objektif, dan adil terhadap otonomi daerah, dengan sasaran agar semua sejahtera.
Sahat mengingatkan, provinsi, dari Aceh hingga Papua, memiliki masalahnya sendiri. Beberapa provinsi kaya sumber daya alam belum sepenuhnya menikmati hasil kekayaannya. Sementara provinsi lain, seperti DKI Jakarta dan umumnya provinsi di Pulau Jawa, lebih terbangun.
“Gap pembangunan ini sudah lama menjadi perhatian dan keprihatinan. Ini terutama terkait dengan kebijakan dan politik perekonomian kita,” katanya. (ender)

Humbanghas
Humbanghas

Berita Terkait

Komentar

Komentar