Ratusan Kendaraan Disuruh Putar Balik Karena Nekad Mudik

MADIUN, (tubasmedia.com) – Ratusan kendaraan dipaksa putar balik saat hendak memasuki Kota Madiun pada Selasa (5/5/2020). Kendaraan itu disuruh putar balik karena pengendara berasal dari luar Kota Madiun dan tak mematuhi imbauan menjaga jarak.

Ratusan kendaraan bermotor itu terjaring dalam razia gabungan polisi, TNI dan Pemkot Madiun di titik pemeriksaan pintu masuk Kota Madiun. Pantauan wartawan, satu per satu kendaraan yang hendak masuk ke Jalan Basuki Rahmat, Kota Madiun, diperiksa petugas. Selain memeriksa kelengkapan surat kendaraan, petugas juga memeriksa suhu tubuh dan identitas pengendara serta penumpang. Pengendara dan penumpang yang berasal dari luar Madiun diminta kembali ke daerah asal.

Kabag Ops Polres Madiun Kota Kompol Gatot Sudiyoto mengatakan, pemeriksaan di pintu masuk itu untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Setiap kendaraan yang melintas akan diperiksa dan diberi pemahanan untuk tetap menjaga jarak.

“Total sudah ratusan kendaraan kami putar balikkan. Kendaraan yang kami putar balik rata-rata pengemudi tidak mengenakan masker dan perantau yang nekat mudik,” ujar Gatot.

Selain itu, para pengendara dan penumpang yang suhu tubuhnya di atas 38 derajat celcius juga diminta kembali. Pemeriksaan itu dilakukan di Jalan Basuki Rahmat dan Jalan Madiun-Ngawi. Pemeriksaan dilakukan pada jam tertentu oleh tim gabungan. Operasi pemeriksaan kendaraan di check point digelar selama 37 hari mulai 24 April hingga 30 Mei 2020. Hingga saat ini, sebanyak 214 kendaraan diminta kembali, dengan perincian roda empat sebanyak 120, 88 sepeda motor, dan enam kendaraan umum. (red)

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar