Regulasi LCGC Terbit Akhir Tahun

Laporan: Redaksi

Dirjen IUBTT Kementerian Perindustrian Budi Darmadi

Dirjen IUBTT Kementerian Perindustrian Budi Darmadi

JAKARTA, (TubasMedia.Com) – Regulasi mobil murah dan ramah lingkungan atau low cost and green car (LCGC) sedang ditunggu-tunggu kelahirannya oleh masing-masing APM (Agen Pemegang Merek) yang turut serta dalam program LCGC.

Masing-masing APM yang sudah siap dengan produk LCGC-nya terpaksa belum bisa meluncurkan, sebab harus menunggu regulasi tersebut dikeluarkan oleh pemerintah.

Menanggapi hal itu, Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT), Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi, mengatakan, sejauh ini regulasi LCGC masih meninjau dan meng-update 115 group komponen yang akan melokalisasi komponen untuk produk LCGC.

“Ada 115 group komponen yang harus dilokalisasi. Mendekati finalisasi ini kita lempar kembali ke para industri, bagaimana nih sudah mau keluar, industri komponennya sudah siap belum?” kata Budi Darmadi di sela acara pembukaan Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2012 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (31/10/2012).

Menurut Budi, dari 115 group komponen lokalisasi itu sebagian sudah ada yang siap dan belum ada yang siap. Pemerintah selalu meng-update dan menanyakan kapan semuanya akan siap.

Ketika ditanya apakah mungkin regulasi LCGC itu lahir di akhir tahun, Budi Darmadi menegaskan, semuanya tergantung dari group komponen itu sendiri. Kalau sudah siap semuanya kita akan segera lahirkan.

“Akhir tahun ini bisa-bisa saja kami luncurkan. Makanya kami terus update karena kalau seluruh industri komponennya belum siap bisa kena penalti,” tandas Budi. (sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar