Remaja Harus Bisa Membawa Perubahan Positif

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

KEBUMEN, (Tubas) – Remaja memiliki potensi besar karena secara psikologis manusia mencapai puncak hamasah (gelora semangat) dan quwwatul jasad (kekuatan fisik) pada masa-masa remaja. Demikian antara lain disampaikan Bupati Kebumen, H. Buyar Winarso, SE, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas Dikpora Kab. Kebumen, Dra. Dwi Woro Palupi, pada acara pembukaan Pesantren Ilmiah Pelajar (Pijar) 7 di Kompleks Pondok Pesantren Salafiyah Wonoyoso, baru-baru ini.

Kegiatan yang diselenggarakan pada bulan Ramadhan ini diikuti 180 peserta dari parwakilan SLTP/MTS dan sederajat se-Kabupaten Kebumen, SMA/MA dan sederajat se-Kab. Kebumen, dan remaja Masjid se-Kab. Kebumen.

Bupati menambahkan, ia sangat berharap kepada para remaja Islam di Kabupaten Kebumen, untuk mengoptimalkan semua potensi yang dimiliki, melibatkan diri dalam proses perubahan ke arah perbaikan, baik dalam konteks keummatan, kemasyarakatan, maupun kebernegaraan.

Tantangan yang dihadapi oleh remaja dan pelajar saat ini adalah di samping harus semakin cerdas dan inovatif, saat ini remaja juga harus menyelamatkan diri dari membanjirnya godaan yang akan menjerumuskannya ke dalam kenistaan. Misalnya, makin maraknya penggunaan narkotika dan obat terlarang (narkoba), pergaulan bebas, tawuran maupun kenakalan remaja lainnya.

Oleh karena itu, Bupati berharap agar pesantren ilmiah pelajar tersebut dapat dimanfaatkan sebagai media untuk memperkuat beragam kecerdasan para remaja dan pelajar Islam. Kecerdasan dimaksud adalah kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. (ahmad)

Humbanghas
Humbanghas

Berita Terkait

Komentar

Komentar