Ribuan Warga Hadiri Perayaan HUT ke-77 RI di Kecamatan Paranginan

Komandan Uoacara memberi laporan kepada Inspektur Upacara Parlin Siahaan Camat Paranginan

DOLOKSANGGUL, (tubasmedia.com) – Ribuan warga Masyarakat Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan(Humbahas) datang berjubel banjiri Tanah lapang desa Lobutolong untuk  mengikuti detik detik Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke 77 Rabu 17/8.

Peringatan HUT RI 77 itu dihadiri Anggota DPRD Humbahas dari Dapil 2  Kepler Torang Sianturi bersama Istri, Forkopincam Danramil Lintongnihuta Andi Lumbantoruan, Polsek Lintongnihuta, Kapus Kecamatan Paranginan Kepala Desa se Kecamatan Paranginan Kepala Sekolah SD,SMP,SMA PAUD se Kecamatan Paranginan ketua TP.PKK Lenny Marlina Siburian SPd,Tokoh Agama tokoh Masyarakat, Pemuda, LSM-Pers,PPL/PLKB/PD/PLD/BKAD,LVRI,.berjalan sukses dan hikmat.

Diawali dengan barisan Defille drumband  sekolah menuju lapangan sepak bola Lobutolong diikuti tertib oleh masyarakat dengan barisan ASN.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Camat Paranginan Parlin Siahaan ST, dan Komandan Upacara Kap.Andi Lumbantoruan, dan yang membacakan Teks Proklamasi anggota DPRD Humbahas K.Torang Sianturi.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor melalui pidato tertulisnya yang dibacakan Parlin Siahaan, mengajak masyarakat untuk mensyukuri Kemerdekaan yang Tuhan Ridho i, karena bangsa Indonesia tetap kokoh ditengah gempuran Radikalisme dan kehadiran tehnologi informasi.

Bisa kita merenungkan perjalanan sejarah perjuangan bangsa dalam merebut kemerdekaan selayaknya kita sampaikan ungkapan Terimakasih dan penghormatan setinggi tingginya kepada pejuang bangsa.

Kemerdekaan bukanlah sebuah hadiah ataupun pemberian yang kita terima secara cuma cuma, namun oleh karena perjuangan pahlawan bangsa yang berjuang dengan jiwa raga dengan pengorbanan luar biasa demi “melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia,memajukan  kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan ,perdamaian abadi dan keadilan sosial”.

Selanjutnya, Bupati Humbahas mengatakan sebagai ungkapan terimakasih kepada Pahlawan dan pejuang sepatutnya kita mengisi kemerdekaan itu dengan Karya karya nyata.

Dosmar mengatakan peringatan HUT RI 77 mengambil Tema “Pulih lebih cepat Bangkit lebih kuat”. tema ini menekankan tantangan yang dirasakan selama dua tahun merupakan ujian  sejarah kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi yang sangat berat.namun karena semua elemen bangsa bergerak secara bersama dan bergotong royong mampu untuk mewujudkannya.

Pada kesempatan itu juga Dosmar membeberkan Capaian kinerja yang diperoleh Pemkab Humbahas seperti Opini BPK Perwakilan Sumut Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 6 kali secara berturut turut dari tahun 2016-2021 atas laporan keuangan Pemerintah daerah dan untuk SAKIP 3 tahun secara berturut turut 2919-2021 yang menjadi Pemkab Humbahas satu satunya di Provinsi Sumut yang mendapat nilai SAKIP BB.

Forkopincam bersama anggota DPRD Kepler Torang Sianturi

Selain itu, Humbahas mencapai level 3 predikat tertinggi Kapabiitas APIP dari Ombudsmen Penilaian kepatuhan standar pelayanan publik dengan predikat tinggi zona hijau.

Penghargaan IGA (Inovative Giverment Award) dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang diiringi dengan bertumbuhnya daya saing perekonomian ,meluasnya aksebilitas masyarakat terhadap pelayanan pendidikan,kesehatanpertanian dannpariwisata yang berkwalitas.

Usai pembacaan  pidato tertulis Dosmar Banjarnahor,dilanjutkan dengan  pemberian hadiah kepada pemenang perlombaan yang dilaksanakan mulai 8 Agustus antar Sekolah dan antar Desa.

Selanjutnya diikuti dengan acara hiburan masyarakat seperti Tumba,tari anak PAUD dan acara yang menarik menghibut masyarakat.

Perayaan HUT RI ke 77 kali ini, nampak lebih meriah dari tahun sebelumnya terlihat warga masyarakat yang datang berdesakan membanjiri lapangan sepak bola Lobutolong (edison ompusunggu).

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.