Rieke: Paket Ekonomi Jokowi untuk Rakyat atau untuk Memperkaya Segelintir Orang

images
JAKARTA, (tubasmedia.com) – Tidak hanya sejumlah kalangan dari luar pemerintah yang mengkritisi kebijakan ekonomi Jokowi. Kritikan juga datang dari internal partai pendukung Jokowi, PDIP.

Politisi PDIP Rieke Diah Pitaloka menilai dua paket kebijakan yang telah diluncurkan tidak ada yang menyentuh persoalan ketenagakerjaan secara utuh dan komprehensif. Bahkan tidak memperlihatkan integrasi antara kebijakan ekonomi, perindustrian, dan perdagangan dengan ketenagakerjaan. Seolah semua investasi dalam industri dan perdagangan tidak ada korelasi dengan tenaga kerja.

“Pertanyaannya paket ekonomi untuk siapa? Untuk meningkatkan kehidupan ekonomi rakyat atau sekadar untuk mengundang investasi dan menghasilkan keuntungan ekonomi bagi segelintir orang?” ujarnya dalam keterangannya kepada redaksi sesaat lalu, Kamis (1/10).

Anggota Komisi IX DPR RI ini juga mempertanyakan hubungan kedua kebijakan itu dengan “trilayak” yang dijanjikan saat pilpres yaitu, kerja layak, upah layak dan hidup layak bagi rakyat pekerja.

“Tidak ada industri yang kuat tanpa pekerja yang kuat. Tidak ada pekerja yang kuat tanpa industri yang kuat,” sambung mantan cagub Jabar itu.

Menurutnya, kebijakan mendorong terciptanya lapangan kerja dan melindungi hak-hak pekerja yang simultan dengan penguatan terhadap industri dan pengusaha nasional, harus menjadi kebijakan politik tetap pemerintah.

“Sekarang, apakah paket ekonomi yang diluncurkan sudah ciptakan penguatan industri nasional?” tanyanya.

Sebelumnya, sejumlah kalangan menilai bahwa paket kebijakan ekonomi Jokowi tidak akan mengatasi persoalan. Bahkan ada yang menilai bahwa paket ini merupakan kepanjangan tangan dari kaum neolib dalam menacapkan kuku-kukunya. (ril/sabar)

Humbanghas
Humbanghas

Berita Terkait

Komentar

Komentar