Rokok, Satu-Satunya Racun yang Dijual Bebas di Inonesia

rokok

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Seperti yang diketahui, berbagai makanan atau zat yang berbahaya bagi kesehatan seperti tahu atau bakso formalin langsung disita dari pasaran dan tidak boleh dipasarkan lagi. Bahkan, pembuat makanan berbhaya seperti itu langsung ditindak tegas oleh aparat kepolisian.

Nah, berbeda dengan racun yang satu ini, malah bebas dipasarkan di Indonesia. Rokok tidak mendapat perlakuan yang sama dengan zat berbahaya lainnya meski sudah jelas rokok sangat berbahaya bagi kesehatan.

Penasehat Komisi Nasional Pengendalian Tembakau, Kartono Muhammad di Jakarta pada Selasa (28/4) berpendapat, rokok adalah racun bagi tubuh manusia. Ibarat makanan atau minuman, tentunya yang mengandung racun dilarang untuk diperjualbelikan

Kartono jelas menyampaikan, tidak ada racun yang dijual untuk dikosumsi. Hanya rokok yang bebas dijual. Sebab, setiap batang rokok mengandung lebih dari 4000 zat kimia berbahaya dan lebih dari 43 zat yang menyebabkan kanker. Rokok juga terbukti sebagai produk adiktif yang dapat menimbulkan ketergantungan bagi penggunanya.

Bahkan, dampak negatif rokok ini bukan hanya dirasakan oleh orang yang mengonsumsi rokok saja (perokok aktif ), tetapi juga orang-orang di sekelilingnya yang terpapar asap rokok (perokok pasif). (welda)

Berita Terkait