Rp 3,7 Triliun Uang Negara Lenyap Diraib Koruptor

begal_anggaran

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Data dari hasil rangkuman Indonesia Corruption Watch (ICW), tercatat sebanyak Rp 3,7 triliun uang negara lenyap diraib para koruptor . Uang negara yang dikorupsi itu terjadi selama semester I tahun 2014 oleh para pejabat mulai dari pusat hingga daerah.

Koordinator Divisi Investigasi dan Publikasi ICW, l Tama S Langkun memaparkan, jumlah kerugian negara tersebut berasal dari 308 kasus, melibatkan 659 tersangka seluruhnya ditangani oleh aparat penegak hukum, baik kepolisian, kejaksaan mau pun Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menanggapi tubasmedia.com di ruang kantor ICW di Jakarta, Sabtu (2/5/15) Tama menjelaskan bahwa , potensi kerugian negara yang sangat besar di antaranya adalah korupsi biaya penyelenggaraan ibadah haji di Kementerian Agama sebesar Rp 1 triliun. Namun setelah diteliti lebih jauh, ternyata yang lebih besar lagi dugaan korupsi atas proyek pengadaan E-KTP di Kementerian Dalam Negeri yakni sebesar Rp 1,12 triliun.

Menurut Tama, korupsi yang terjadi di daerah juga tidak kalah ganasnya. Sebab dari 308 kasus yang terjadi pada semester I tahun 2014, instansi yang paling banyak melakukan korupsi adalah pemerintah daerah (Pemda) sebanyakl 97 kasus.

Berdasarkan jabatan tersangka 281 tersangka korupsi berasal dari pejabat atau pegawai Pemda dari total sebanyak 659 tersangka korupsi. (marto tobing)

Berita Terkait

Komentar

Komentar