Rp 43,9 Miliar Beasiswa Murid SD Sumut

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

MEDAN, (Tubas) – Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Utara (Sumut) tahun 2011 ini akan mengalokasikan dana beasiswa miskin senilai Rp 43,9 milliar lebih untuk 121.963 siswa/i sekolah dasar (SD) di Sumut.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Sumut Drs Syaiful Syafri, MM melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) dan Pelayanan Khusus (Yansus) Ilyas Sitorus,SE,MPd kepada tubasmedia.com di ruang kerjanya Jalan Cik Di Tiro No 1 D Medan baru-baru ini.

Menurut Ilyas, beasiswa miskin merupakan kebijakan pemerintah pusat dan bersumber dari APBN untuk menyukseskan program wajib belajar 9 tahun. Dana itu akan disalurkan ke berbagai sekolah pada tahun ajaran (TA) 2011/2012 mulai Juni 2011.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 12 Ayat 1 Huruf d, setiap satuan pendidikan berhak mendapat beasiswa bagi orangtua yang tidak mampu untuk membiayai pendidikannya. Setiap siswa/i penerima beasiswa miskin akan menerima dana Rp 360.000 per tahun dan jika dirata-ratakan peserta didik mendapat bantuan Rp 1.000 per hari.

Lebih lanjut Ilyas mengatakan, penerima beasiswa miskin dimaksud sesuai pengajuan kepala sekolah masing-masing kepada pemerintah guna memenuhi kebutuhan pendidikan berupa sepatu atau seragam sekolah. Pihaknya akan mensosialisasikan program penyediaan beasiswa bagi siswa miskin jenjang SD (tahun 2008-2010) ke Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara, sehingga sekolah maupun siswa tidak kesulitan mendapatkannya.

Menyinggung soal kuota penerima beasiswa miskin, Ilyas menambahkan, dari 33 Kabupaten/Kota se-Sumut, Deli Serdang mendapat kuota terbesar sebanyak 7.000 siswa, Langkat 6.500 siswa serta Medan dan Simalungun 6.000 siswa.

“Disdik Sumut berharap pihak sekolah dan instansi terkait tidak melakukan pemotongan saat menyalurkan dana beasiswa miskin yang dialokasikan melalui rekening sekolah,” pinta Kabid Dikdas dan Yansus Disdik Sumut Ilyas Sitorus mengakhiri pembicaraan. (marlan)

Berita Terkait

Komentar

Komentar