Rp 700 Juta Bantuan Rehab Tempat Ibadah

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

KEBUMEN, (Tubas) – Sekitar 330 panitia pembangunan tempat ibadah mendapatkan bimbingan teknis (bintek) terkait mekanisme administrasi pertanggungjawaban Bantuan Tempat Ibadah. Bintek dibuka oleh Sekretaris Daerah Kebumen H. Suroso,SH mewakili Bupati, di pendopo Bupati baru-baru ini.

Hadir antara lain Asisten Sekda II H. drh Djatmiko, Kepala Kemenag Masmin, M.Ag, Direktur BPR BKK serta anggota DPRD Dian Lestari dan camat wilayah penerimaan bantuan. Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan sosial keagamaan untuk pembangunan/rehab tempat ibadah di Kabupaten Kebumen sebesar Rp 700 juta untuk 110 tempat ibadah.

Bupati Kebumen dalam sambutannya yang dibacakan Sekda H. Suroso, SH mengatakan pemberian bantuan itu merupakan kepedulian Pemkab Kebumen terhadap pengembangan tempat-tempat ibadah/pondok pesantren dan TPQ/Madin.

Bantuan tersebut diharapkan bisa lebih mengoptimalkan peran tempat ibadah, pondok pesantren dan TPQ/Madin untuk mendukung pelaksanaan pembangunan keagamaan karena fasilitas gedung yang memadai akan mendukung pelaksanan ibadah serta proses belajar mengajar. Akhirnya hal itu akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, yang seimbang batin dan jasmani.

Kabag Kesra Setda Kebumen Achmad Badri mengatakan, Bintek dilakukan untuk memberikan pemahaman terkait mekanisme dan administrasi pertangungjawaban bantuan tempat ibadah. Dalam kesempatan tersebut dilakukan pembukaan rekening yang dilayani langsung oleh Petugas BKK Kebumen.

Tahun 2011, Pemkab Kebumen melalui Bagian Kesra mengalokasikan anggaran untuk bantuan pembangunan tempat ibadah sebanyak Rp 700 juta. Bantuan tersebut diberikan untuk 110 tempat ibadah, yang terdiri dari 55 masjid, 38 mushola, 1 gereja, 1 Wihara, 7 TPQ, 3 Madrasah Alliah serta 5 Pondok Pesantren. (ahmad)

Berita Terkait

Komentar

Komentar