RR Ingin Bangun Bandara dekat Danau Toba

images

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli (RR) ingin menjadikan Danau Toba sebagai lokasi wisata kelas dunia. Dia ingin Danau Toba bisa dikembangkan seperti kawasan Monaco di Laut Mediterania, Eropa, dengan infrastruktur yang lengkap.

“Kita perlu branding seperti itu. Menteri PUPR dan Menteri Perhubungan juga ikut terlibat, kami ingin bersihkan dan ubah tata lingkungannya Danau Toba jadi lebih menarik dan nyaman. Pak Jonan juga dirikan listrik, internet dan marina, kita bangun otoritas agar cepat manajemennya,” ujar Rizal, di Jakarta, Kamis lalu.

Dia pun mengusulkan adanya pembangunan bandar udara (bandara) baru di dekat Danau Toba. Dengan demikian, Danau Toba lebih mudah diakses wisatawan mancanegara (wisman), kunjungan pun dapat berlipat. “Kita akan buat bandara kecil di dekat Danau Toba. Jadi tidak perlu ke Medan dulu,” ucapnya.

Menurutnya, Indonesia memiliki potensi pariwisata yang luar biasa. Indonesia kaya akan destinasi wisata yang menarik, jauh lebih kaya dibanding negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand. Ironisnya, jumlah wisatawan asing yang mengunjungi ke Indonesia lebih sedikit daripada kedua negara tersebut. “Jumlah wisatawan asing ke Indonesia masih di kisaran tujuh juta orang per tahun, kalah dari Malaysia yang lebih dari 10 juta wisman per tahun, juga dari Thailand yang kunjungan wisatawan asingnya hingga 33 juta setahun,” ungkapnya.

Agar jumlah wisatawan asing yang ke Indonesia bisa melampaui Malaysia dan Thailand, pihaknya bertekad mengembangkan sejumlah destinasi wisata yang potensial, misalnya Danau Toba di Sumatera Utara. (roris)

Berita Terkait

Komentar

Komentar