RS USU Tahun Depan Beroperasi

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

MEDAN, (Tubas) – Meski pembangunan secara fisik sudah selesai, Rumah Sakit USU (Universitas Sumatera Utara) direncanakan akan beroperasi pada pertengahan 2012, kata Humas USU Bisru Hafi, pekan lalu. “Secara fisik pembangunan rumah sakit yang sebagian besar dibiayai oleh Islam Development Bank (IDB) itu sudah rampung sekitar akhir Juli 2011” jelasnya.

RS tesebut saat ini tinggal memasuki tahap penyelesaian akhir seperti pengerjaan lahan parkir dan lainnya. Kemungkinan akhir tahun ini atau awal tahun depan serah terima dari kontraktor ke USU sudah bisa dilakukan.

Selanjutnya akan dilakukan pengisian berbagai peralatan pendukung lainnya untuk operasional rumah sakit itu seperti berbagai peralatan medis dan peralatan teknis lainnya. Demikian juga dengan tenaga Sumber Daya Manusia (SDM) seperti dokter, perawat maupun tenaga administrasi saat ini sedang dalam pematangan. Seperti misalnya pelatihan terhadap tenaga perawat yang baru-baru ini sudah selesai dilaksanakan.

“Operasional rumah sakit ini akan dilakukan secara bertahap, disesuaikan dengan ketersediaan alat-alat dan tenaga yang ada. Dengan kapasitas sekitar 600 tempat tidur nantinya akan membutuhkan banyak tenaga medis, namun itu secara perlahan akan kita penuhi,” katanya.

Sebelumnya Rektor USU Prof Syahril Pasaribu mengatakan tujuan didirikannya rumah sakit tersebut antara lain sebagai tempat pendidikan bagi dokter untuk mengaplikasikan ilmunya dan dapat meminimalkan masyarakat untuk bepergian ke luar negeri untuk berobat. (sis)

Berita Terkait

Komentar

Komentar