Rusia Tawarkan Vaksin Virus Corona ke RI dengan Harga Paling Murah

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Kedutaan Besar Rusia di Jakarta telah menawarkan vaksin Virus Corona COVID-19 ke Indonesia. Penawaran vaksin bernama Sputnik-V ini ini termasuk investasi dan percobaan klinis.

Penawaran itu berasal dari Russian Direct Investment Fund. Duta Besar Rusia Lyudmila Vorobieva menyebut sudah ada kontak antara pihak pemerintah Indonesia dan swasta. Harga vaksin Sputnik-V juga diprediksi lebih murah.

Russian Direct Investment Fund siap untuk bekerja sama dengan Indonesia di tiga arah. Pertama dalam penjualan dan distribusi ketika tahap klinis selesai. Kita juga siap untuk mengadakan uji klinis di Indonesia karena tentunya itu akan memfasilitasi pendaftaran vaksin di negara ini. Kami juga siap untuk memanufaktur setidaknya beberapa komponennya,” ujar Vorobieva dalam briefing pada Rabu (26/8/2020).

Dubes Rusia berkata baru mengirimkan proposalnya belum lama ini. Sampai saat ini, pihak Indonesia belum memberikan respons yang pasti terkait tawaran vaksin COVID-19 dari Rusia.

Harga vaksin Rusia diperkirakan bisa tiga kali lebih murah dari vaksin-vaksin lain.

“Harga final dari vaksin Sputnik-V akan cukup lebih rendah ketimbang vaksin lainnya berdasarkan estimasi kami, seperti dua atau tiga kali lebih murah,” ujar Vorobieva .

Rusia bulan ini mengumumkan telah menemukan vaksin COVID-19 bernama Sputnik-V. Vaksin itu menuai kontroversi karena dianggap belum melalui fase uji yang lengkap tetapi sudah keburu diumumkan oleh Presiden Vladimir Putin.

Dubes Vorobieva berkata vaksin Rusia dibuat dengan dua vektor human adenovirus, sementara vaksin-vaksin lain hanya memakai satu vektor adenovirus.(red)

Berita Terkait