Rutan Klas IIB Humbahas Nihil Narkoba

DOLOKSANGGUL, (tubasmedia.com) –  Operasi razia rutin yang digelar di Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas II B Humbang Hasundutan (Humbahas), Minggu (13/2), petugas tidak menemukan narkoba.

Namun pada razia itu ditemukan beberapa jenis benda tajam seperti  gunting, pisau kecil yang dibuat dari gagang sendok makan ditajamkan juga ada  cutter, mancis dan martil.

Hal itu dikatakan Kepala Rutan kelas II B Humbahas, Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Utara, Herry Hasudungan Simatupang didampingi Kepala Pengamanan Rutan (KPR), Manase Putra Tarigan kepada sejumlah wartawan usai menggelar razia.

Menurutnya, operasi razia itu dilakukan rutin, namun secara acak waktunya untuk mencegah peredaran barang haram (narkoba) dan barang terlarang lainnya.

Dijelaskan, sebelum pelaksanaan razia rutin itu diawali dengan apel bersama pegawai rutan dipimpin Kepala Rutan, Herry Hasudungan Simatupang didampingi Kepala Pengamanan Rutan  dimulai pukul 20:15 WIB sampai pukul 21:40 WIB bergerak langsung ke kamar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) guna menyisir peredaran barang terlarang.

Sebelumnya para WBP digeledah dan diperiksa satu persatu, kemudian petugas melakukan penggeledahan di masing-masing kamar.

Kata Herry, pelaksanaan razia tersebut sudah sesuai dengan Permenkumham Nomor: 6/2013 tentang tata tertib Lapas/ Rutan, sosialisasi kepada WBP dan pemusnahan barang terlarang untuk penerapan tiga kunci  pemasyarakatan maju, Ditjen PAS Kemenkumham yakni deteksi dini gangguan kemanan dan ketertiban, berantas narkoba, sinergi dengan aparat penegak hukum.

“Kegiatan rutin ini kita lakukan lima kali dalam satu bulan dengan jadwal yang acak, guna memutus peredaran narkoba serta barang terlarang lainnya dalam Rutan Klas IIB Humbahas,” terang mantan Kalapas Pangururan ini.

Kata dia, pihaknya tidak mentolerir peredaran barang haram narkoba, benda tajam dan benda terlarang lainnya yang diatur oleh Kemenkumhan.

“Barang sitaan  razia rutin dan razia insidentil akan kita musnahkan dalam hari bakti pemasyarakatan yang jatuh pada 27 April,” jelasnya.

Rutan Klas IIB Humbahas  dihuni 798 tahanan dan WBP tetap konsisten dengan razia rutin, bahkan razia itu dilakukan bekerjasama dengan TNI/Polri.(edison ompusunggu)

Berita Terkait