Saat ini, Hanya 17 Persen Perwakilan Perempuan di DPR

nas-10-gedung-dpr

JAKARTA,(tubasmedia.com) –  Jumlah keterwakilan perempuan di parlemen (DPR) masih di bawah 30 persen. Padahal, UU telah mengamanatkan keikutsertaan 30 persen perempuan dalam setiap proses pemilihan umum, kata Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formapi) Tommy Legowo.

DPR di bawah kepemimpinan Partai Demokrat, Marzuki Alie, jumlah perempuan yang berhasil duduk di kursi dewan hanya 18 persen. Jumlah itu turun menjadi 17 persen pada masa kepemimpinan Setya Novanto. “Jumlah laki-laki anggota dewan mengalami peningkatan dari 82 persen menjadi 83 persen,” jelas Tommy saat memaparkan catatan akhir tahun Formappi di Jakarta, Jumat (19/12/2014).

Anggota DPR yang memiliki gelar sarjana dengan yang tidak pada saat ini yakni 91,1 persen berbanding 8,9 persen. Perbandingan itu mengalami peningkatan daripada sebelumnya yang hanya 90,6 persen banding 9,4 persen.
Perbandingan anggota legislatif kader dengan non kader pada saat ini 72 persen berbanding 28 persen. “Dengan latar belakang seperti itu seharusnya anggota DPR berkarakter militan, cerdas dan beretika,” harpnya. (edi s)

Berita Terkait

Komentar

Komentar