Saluran Air di Jatibaru Penuh Puing dan Sampah

Laporan: Redaksi

ilustrasi

ilustrasi

JAKARTA, (TubasMedia.Com) – Saluran air di sisi timur jalan layang (fly over) Jatibaru atau Jl H. Fachrudin Terusan dan dari Pasar Onderdil ke Jl Jatibaru di Kelurahan Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus), sudah lama tidak berfungsi.

Tumpukan sampah dan puing-puing bekas bangunan, menutup saluran tersebut, sehingga membuat tertutup atau mati dan rata dengan tanah. Akibatnya, kalau hujan menimbulkan genangan, karena air tidak bisa jalan dan menganggu arus lalu lintas.

Sudin PU Tata Air Jakpus melalui Kasi PU Tata Air Kecamatan Tanah Abang, Pahala Tua mengatakan, pihaknya langsung membersihkan dan mengeruk tanah yang ada di saluran agar dapat berfungsi kembali. “Pembersihan dan pengurasan saluran tengah berlangsung, diharapkan saluran berfungsi kembali sehingga genangan tidak terjadi lagi,” katanya hari Minggu (31/3).

Dikatakan, dulunya di atas saluran berdiri bangunan yang digunakan untuk berdagang. Bangunan liar tersebut telah ditertibkan, namun salurannya masih penuh tanah dan sampah sehingga menjadi mati atau tidak berfungsi. Setiap kali hujan langsung timbul genangan, karena air tidak dapat masuk ke saluran.

“Selama ini air tidak masuk ke saluran dan mengalir menuju ke kali Cideng, diharapkan setelah dikuras akan kembali normal, dan genangan bisa dialirkan,” jelas Pahala. Selain pengurasan, di saluran tersebut juga dibuat mulut-mulut air untuk mempercepat air genangan masuk ke dalam saluran. (red/anthon)

Topik :

Berita Terkait

Komentar

Komentar