Santunan Kematian Naik dari Rp 1 Juta Menjadi Rp 42 juta

SIBOLGA, (tubasmedia.com) – Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Sibolga Nomor 8 tahun 2016 tentang pemberian santunan kematian bagi warga Sibolga, disebutkan bahwa setiap jiwa, bagi warga yang meninggal dunia di Kota Sibolga  mendapatkan santunan sebesar Rp 1 Juta.

Namun untuk  meningkatkan kesejahteraan warga dan untuk meringankan beban warga  yang berduka cita, Wali Kota dan Wakil Walikota Sibolga terpilih Jamaluddin Pohan-Pantas Maruba Lumban Tobing  meminta Dinas Sosial dan BPJS Ketenagakerjaan Sibolga melakukan kalkulasi perhitungan iuran dan manfaat Jaminan kematian Program Jamsostek, karena dinilai lebih menguntungkan warga.

“Hanya dengan membayar iuran Rp 16.800  per bulan kita bisa mendapatkan santunan kematian sebesar Rp 42 juta. Selama ini jaminan kematian warga hanya Rp 1 juta,” jelas Walkot Sibolga Jamaluddin Pohan pada Rapat Paripurna DPRD Kota Sibolga bertempat di Gedung DPRD, Kamis, 18 Maret 2021.

Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DRPD Sibolga Akhmad Syukri Nazry Penarik dalam rangka  mendengar penyampaian hasil reses anggota dewan. Rapat dihadiri oleh Wakil Walikota Sibolga Pantas Maruba Lumban Tobing dan juga diikuti oleh sejumlah unsur Forkopimda, Anggota DPRD Kota Sibolga, para Kepala Dinas OPD, Kepala Instansi vertikal dan para camat di Kota Sibolga.

Disebutkan Walikota, pihaknya sedang melakukan formulasi perhitungan besaran iuran dan manfaat, agar segera dapat ditampung dalam anggaran APBD dan menjadi prioritas.

“Kita masih menghitung besarannya dan kita akan bekerja sama dengan  BPJS Ketenagakerjaan. Berapa dana akan ditanggung. Sedang kita perhitungkan, mudah-mudahan bisa menampung asuransi kematian seluruh masyarakat Sibolga sehingga keluarga yang ditingglkan mendapat kesejahteraan lebih baik,”  jelas Walikota pada Rapat Paripurna yang dihadiri anggota dewan termasuk insan pers.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sibolga Kota Dr. Sanco Simanullang, MT, IPM, ASEAN Eng selepas kegiatan mengucapkan terimakasih atas rencana Pemko Sibolga melindungi seluruh warga dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

“Pilihan yang tepat, kita sangat apresiasi rencana Pak Wali. Terimakasih kepada gebrakan pak Wali dan Wakil, kita siap mendukung visi misi menjadikan Sibolga Sehat, Pintar dan Makmur, melalui sejumlah program strategis,” ujar Manullang.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Ketenagakerjaan (KUKMK) Rina Lamrenta Lumbang Tobing  mengatakan kesiapannya untuk memberikan perlindungan bagi seluruh pekerja di Kota Sibolga  terutama untuk mencapai visi yaitu rakyat sehat dan   rakyat makmur.

“Kita siap mengeksekusi perintah Pak Wali terutama kegiatan yang sangat mendukung kepada kesejahteraan pekerja,” tukas Rina .(roris)

Berita Terkait

Komentar

Komentar