Satlinmas Jawa Tengah Cegah Penyebaran ISIS

Buronan Abu Muhammad al Indonesi mengajak warga Indonesia bergabung dengan ISIS

Buronan Abu Muhammad al Indonesi mengajak warga Indonesia bergabung dengan ISIS

SEMARANG,(tubasmedia.com) – Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) sebagai bagian dari masyarakat yang terbentuk melalui pengorganisasian lembaga sosial kemasyarakatan, perlu memantapkan penguasaan kemampuannya untuk menjaga ketertiban dan keamanan, khususnya di lingkungannya masing-masing. Termasuk mencegah penyebaran teroris ISIS.

Tugas kelinmasan tersebut sesuai dengan amanat Permendagri No 12 Th. 2006 dan Permendagri No 10 Th.2009, yaitu menjaga ketertiban dan keamanan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana dan penyelenggaraan pemilihan umum. Untuk dapat melayani masyarakat secara maksimal di bidang kamtibmas, maka pengetahuan dan keterampilan para anggota Satlinmas di Jawa Tengah selalu ditambah dan diasah.

Hal itu disampaikan Enny Rachmawati, M.Si., Kasubid Pemberdayaan SDM Linmas – Badan Kesbang Pol dan Linmas Jawa Tengah, saat mendampingi 50 anggota Satlinmas se-Bakorwil I Jawa Tengah untuk mengikuti praktek lapangan di Museum Ronggo Warsito, Semarang, baru-baru ini.

“Setelah mengikuti pelajaran teori selama 20 jam pelajaran, maka praktek lapangan ini akan menambah wawasan serta cinta persatuan dan kesatuan, untuk menepis semakin merajalelanya ancaman terorisme yang salah satunya, adalah ISIS,” terangnya.

ISIS, tandas Enny, merupakan organisasi subversi berkedok perjuangan agama, maka anggota Satlinmas harus mampu dan proaktif bersama masyarakat untuk mencegah penyebarannya di Indonesia.

Pelajaran teori dan praktek lapangan ini, merupakan kegiatan Peningkatan Keterampilan Pengamanan Daerah Rawan Kamtibmas bagi 50 anggota Satlinmas se Balkorwol I, Jawa Tengah bertempat di Wisma Widya Graha – Salatiga, diselenggarakan oleh Badan Kesbang Pol dan Linmas Jawa Tengah dengan pemandu materi dari Kodan IV Diponegoro, Polda Jawa Tengah, dan Polresta Salatiga. (yon)

Topik :

Berita Terkait

Komentar

Komentar