Sejak 2017, Pengeras Suara Peringatan Banjir di Jalan Jatinegara Sudah tak Berfungsi

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Pengeras suara disaster warning system (DWS) yang dipasang di Jalan Jatinegara Barat, RW 03 Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur, sudah tidak berfungsi sejak 2017. Ketua RW 03 Aga mengatakan, pengeras suara tersebut rusak karena kebakaran.

DWS itu seharusnya menginformasikan peringatan dini bencana banjir kepada masyarakat melalui pengeras suara dan SMS blast atau pesan berantai.

“Sejak tahun 2017, speaker BPBD sudah enggak berfungsi gara-gara pos terbakar sehingga alat dan sambungan listrik juga terbakar,” kata Aga  Minggu (19/1/2020).

Jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta telah mengecek kerusakan pengeras suara tersebut. Namun, hingga bencana banjir yang menerjang Kelurahan Kampung Melayu 1 Januari lalu, alat tersebut belum aktif kembali.

“Sampai sekarang belum aktif atau enggak berfungsi,” ujar Aga. Seperti diketahui, sistem peringatan dini atau early warning system (EWS) bencana disebar di Jakarta untuk menginformasikan peringatan dini bencana banjir.

Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta M Ridwan mengatakan, alat yang digunakan untuk early warning system itu ada tiga. Ketiga alat itu adalah DWS, automatic weather system (AWS) untuk mengukur kecepatan angin, dan automatic water level recorder (AWLR) untuk mengukur ketinggian air.

“DWS, disaster warning system, itu untuk yang di bantaran kali. Kalau air Katulampa atau Depok siaga, kami langsung menginformasikan melalui disaster warning system,” ujar Ridwan.(sabar)

 

Humbanghas
Humbanghas

Berita Terkait

Komentar

Komentar