Sekolah Gratis di Bekasi Jalan Terus

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

BEKASI, (Tubas) – Dinas Pendidikan Kota Bekasi tetap akan mengajukan usul penyelenggaraan program Sekolah Bebas Biaya (SBB). DPRD setempat sempat minta hal itu ditinjau ulang.

“Kami akan tetap mengusulkan program tersebut dalam RAPBD 2011. Saat ini, usulan tersebut sudah diajukan dan sedang dibahas oleh DPRD,” kata Kepala Bidang Bina Program Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Hanan Tarya, akhir pekan lalu.

Hanan menyatakan, usulan program tersebut tetap diajukan karena Pemerintah Kota Bekasi terikat dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang di dalamnya mengamanatkan pelaksanaan sekolah bebas biaya itu. RPJMD itu berlaku untuk rentang waktu 2008-2013.

Menurut Hanan, seperti pelaksanaan program itu tahun sebelumnya, setiap murid SD negeri diusulkan mendapatkan subsidi Rp 21.000 per bulan, murid SMP negeri Rp 100.000 per bulan, dan murid SMA/SMK negeri Rp 50.000 per bulan.
Program tersebut diusulkan bagi sekitar 189.000 murid SD negeri, 44.000 murid SMP negeri, dan 22.000 murid SMA/SMK negeri di seluruh wilayah Kota Bekasi. Total usulan anggaran yang telah diajukan tahun ini, kata dia, mencapai sekitar Rp 101 miliar.

Hanan menambahkan, program SBB itu memudahkan bagi Dinas Pendidikan Kota Bekasi untuk melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap pungutan di sekolah.

“Tahun lalu memang masih ada pungutan, seperti untuk pembelian buku sekolah. Itu pun nanti kita tertibkan juga,” katanya.

Anggota Komisi D DPRD Kota Bekasi Abdul Muin Hafidz saat dihubungi kemarin mengatakan, komisi yang membidangi pendidikan dan kesehatan tersebut belum mengambil sikap secara tegas atas usulan yang diajukan Dinas Pendidikan Kota Bekasi.***

Berita Terkait

Komentar

Komentar