Sekum Gaikindo: Pengunjung IIMS 2014 Meningkat

Noegardjito

Sekretaris Umum Gaikindo, Noegardjito

JAKARTA, (tubasmedia.com) — Pengunjung Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, meningkat dibandingkan dengan tahun lalu. Begitu dikemukakan Sekretaris Umum Gaikindo, Noegardjito, kepada tubasmedia.com, Selasa (23/9).

Ia mengatakan, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) selaku penyelenggara IIMS tidak menetapkan target jumlah pengunjung dan transaksi bisnis. Tapi, jumlah pengunjung dan transaksi meningkat.

Menjawab pertanyaan mengenai upaya meningkatkan ekspor mobil, seperti diharapkan pemerintah, dikatakan, Gaikindo mengikuti roadmap Kementerian Perindustrian, yakni target 2015 sebanyak 386.000 unit. “Kita berusaha mencapai target itu,” katanya.

Dikemukakan, berkaitan dengan ekspor mobil, kita biasanya lupa akan data ekspor mobil dalam keadaan terurai (CKD). Misalnya, pada 2013 ekspor CKD mencapai 105.380 set ditambah ekspor CBU sebanyak 170.938 unit. Sedang pada periode Januari – Juli 2014 ekapor CKD sebanyak 63.570 set dan CBU 105.205 unit.

Menurut Noegardjito, Gaikindo terus m melayani permintaan pasar ekspor, termasuk dalam bentuk CKD. Misalnya, negara-negara ASEAN meminta CKD untuk beberapa merek dan model untuk dirakit di sana. Terkait dengan upaya meningkatkan ekspor, industri otomotif terus berusaha meningkatkan daya saing. (ender)

Humbanghas
Humbanghas

Berita Terkait

Komentar

Komentar