Seluruh Warga Gereja HKI Wajib Menjaga Kelestarian Lingkungan

Suasana percakapan Ephorus HKI Pdt Firman Sibarani MTh dengan warga HKI Resort Bogor di HKI Juanda, Depok, Minggu 30 Mei 2021

 

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Menjaga kelestarian alam adalah juga tugas dan tanggungjawab warga gereja. Sebab, jika alam tidak lestari dan tumbuh-tumbuhan tidak tumbuh alias mati, manusia juga akan sulit tumbuh dan sulit untuk hidup.

Kalimat ini berulangkali diucapkan Ephorus Huria Kristen Indonesia (HKI), Pdt Firman Sibarani MTh, pada setiap acara percakapan dengan elemen Gereja HKI di wilayah pelayanan seputar Daerah XII Jawa Bali.

Sejak Ephorus HKI menginjakkan kaki di Jakarta 24 Mei 2021, tak hentinya dia melakukan kunjungan yang disebut Safari Rohani ke daerah-daerah terutama melongok langsung keberadaan gereja yang berskala masih kecil. Seperti kunjungan ke HKI di Bandung Selatan, HKI Purwakarta, HKI Lippo Cikarang dan kemudian ke HKI Jemaat Immanuel di Bekasi.

Suasana diskusi dengan Ephorus HKI Pdt Firman Sibarani MTh (berdasi merah) di Gereja HKI Immanuel, Minggu malam 30/05/21 dimulai pkl 20.30 hingga 23.00 WIB

Dan setiap kunjungan itu, dia selalu menyempatkan waktu untuk berdialog dengan pimpinan gereja dan jemaat. Pada setiap percakapan tersebut, Pdt Firman tidak pernah lupa mengingatkan agar seluruh warga gereja merawat lingkungan masing-masing.

Katanya, jika lingungan kita sudah rusak dan hancur, manusia juga akan terancam punah. Pasalnya kata Firman, tumbuhan yang ada sekitar kita itulah pemberi oksigen kepada manusia dan jika sekiranya oksigen yang dihirup setiap manusia itu dihitung dengan rupiah, nilainya bisa mencapai ratusan juta rupiah per hari untuk per orang.

‘’Saya mau tanya, siapa diantara kita yang sanggup bayar oksigen ratusan juga rupiah setiap hari. Saya yakin taka da yang sanggup,’’ katanya.

Untuk itu lanjutnya, setiap warga gereja wajib hukumnya menjaga kelestarian lingkungan dengan cara menanam paling tidak satu buah pohon yang rindang di pekarangan gereja.

Jika itu dilakukan, terang Pdt Firman, selain lingungkannya sejuk, warga gereja dan masyarakat lain  yang ada di sekitar gereja-pun akan merasakan kesejukan dan udaranya juga pasti lebih bersih dan lebih sehat.

Usai diskusi, majelis parhalado foto bersama dengan Ephorus HKI Pdt Firman Sibarani MTh (berdasi merah)

Tidak hanya di pekarangan gereja, di linkungan rumah tinggal juga tidak ada salahnya jika seluruh warga gereja HKI menanam pohon atau bunga agar oksigen dapat kita hirup secara gratis.

‘’Untuk itu kembali saya tekankan, seluruh warga gereja HKI dimanapun berada, agar menyempatkan waktu merawat lingkungan

sekitar rumah tinggal dengan cara menanam pohon atau  bunga,’’ tegasnya dalam percakapan dengan warga gereja HKI se-Resort Bogor di Gereja HKI Juanda, Depok, Minggu 30 Mei 2021 usai kebaktian minggu.

Dalam percakapan itu juga, Pdt Firman yang baru satu bulan dilantik menjadi Ephorus HKI untuk menjawab pertanyaan warga, dia mengatakan lembaga badan usaha untuk menghidupkan mesin ekonomi  HKI akan segera diberdayakan.

Selain itu juga, dirinya mengatakan bahwa sebagai pimpinan, dia akan menerapkan manajemen terbuka, terutama masalah keuangan. (sabar)

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar