Seminar di USB, “Kenali Komplikasi Kehamilan Sejak Dini”

seminar-USB

SURAKARTA, (tubasmedia.com) – Kehamilan adalah masa seorang wanita membawa embrio atau fetus di dalam tubuhnya. Selain menjaga asupan bergizi dan cukup beristirahat, ibu hamil harus mengetahui tanda bahaya pada masa kehamilan.

Minimnya pengetahuan ibu hamil bisa berakibat fatal bagi kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya. Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia termasuk sangat tinggi dibandingkan dengan di berbagai negara dalam kawasan Asia Tenggara. Rendahnya pengetahuan ibu hamil menjadi salah satu faktor tingginya AKI dan angka kematian bayi (AKB).

Menyadari akan dampak serius yang bisa ditimbulkan oleh komplikasi kehamilan, Program Profesi Apoteker Universitas Setia Budi (USB) Surakarta berinisiatif menggelar Seminar Nasional dengan tema “Kenali Komplikasi Kehamilan Sejak Dini”. Seminar digelar di Ball Room Hotel Asia, Surakarta, Selasa (28/7/2015).

Ketua Panitia Seminar, Iswandi, M.Farm, Apt., dalam siaran persnya menyebutkan, empat pembicara tampil dalam seminar yang diikuti sekitar 290 peserta, mahasiswa profesi apoteker dan masyarakat umum. Materi terkait penyakit pada kehamilan (preeklamsia dan anemia) disampaikan oleh dr. Hasto Wardoyo, SpOG(k). Materi tentang pengobatan penyakit pada ibu hamil (preeklamsia dan anemia) disampaikan Drs Muhammad Yahya, Sp.FRS., Apt.

Sementara itu, Dr. Rina Herowati, M.Si., Apt. dari Fakultas Farmasi USB, memberikan materi terkait interaksi obat selama kehamilan dan menyusui. Dan pemateri terakhir adalah Ririn Yuliati, S.Si.T., M.Si. yang menjelaskan tentang asupan gizi dan nutrisi pada ibu hamil dan menyusui.

Seminar bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang tatalaksana penyakit, pengobatan pada kehamilan terutama preeklamsia dan anemia, interaksi obat selama kehamilan dan menyusui, serta asupan gizi dan nutrisi pada ibu hamil dan menyusui. Selain itu, seminar membantu memberi edukasi tentang perencanaan, pengasuhan, dan pengelolaan kehamilan yang tepat.

Seminar ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang bagaimana mencegah terjadinya komplikasi kehamilan dan pengasuhan kehamilan yang tepat, untuk menghindari terjadinya kematian pada saat hamil atau melahirkan. (ril/ender)

Berita Terkait

Komentar

Komentar