Seminar “Mencari Pemimpin Jujur” di Kebumen

Untitled

KEBUMEN, (tubasmedia.com) – Pemilihan umum penting bagi terselenggaranya sistem politik yang demokratis. Melalui sistem itulah rakyat memilih para wakil untuk memperjuangkan aspirasi mereka serta mengawasi jalannya pemerintahan.

Hal itu dikatakan M.T. Arifin dalam seminar “Mencari Pemimpin Jujur dan Merakyat” di Kebumen, Senin (12/1/2015). Persoalan yang sering dihadapi masyarakat Kebumen menjelang pemilihan kepala daerah adalah munculnya harapan terhadap calon bupati, namun kemudian ternyata kemenangannya seolah-olah diperoleh melalui persaingan tak sehat dalam bentuk, persekongkolan, nepotisme, dan politik uang.

Ia mengatakan, pemimpin yang biasanya diharapkan oleh masyarakatnya melalui pemilihan kepala daerah adalah yang sosoknya lahir dari lingkungan kelompok sosial utama. Biasanya corak umum masyarakat yang agraris, mengharapkan pemimpin yang punya social tinggi. Misalnya, kepala desa, diharapkan orangg baik dan suka menolong, seperti kebiasaan hidup masyarakat desa yang guyup rukun. (ahmad)

Berita Terkait

Komentar

Komentar