Senin Ini, Penyelaman di Lokasi yang Diduga Badan Pesawat

basarnas-dan-penyelam

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Lanjutan pencarian penumpang dan bagian dari pesawat Air Asia QZ8501, Senin (5/1/2014), diprioritaskan pada penyelaman di kawasan ditemukannya objek yang diduga bagian besar dari badan pesawat itu.

Di luar itu, lima unit kapal, yang punya kemampuan dan perlengkapan, akan berupaya mencari black box pesawat. Berdasarkan pengalaman selama ini, keberadaan black box tidak terlalu jauh dari serpihan badan pesawat. Demikian dikemukakan Kabasarnas, Marsekal Madya FHB Soelistyo, dalam jumpa pers di kantornya di Jakarta, Minggu (4/1) malam, seperti dipetik dari laman Basarnas.

Pesawat jenis airbus A320 itu mengalami musibah dalam penerbangan dari Surabaya ke Singapura, Minggu (28/12/2014). Pesawat itu mengangkut 162 orang, di antaranya 155 penumpang dan 7 awak).

Dikemukakan, pemetaan area selama delapan hari operasi SAR, merupakan hasil dari aplikasi yang sudah dipergunakan oleh Search and Rescue (SAR) dunia. Penetapan area selama ini bukanlah secara sembarang.

Operasi pencarian korban maupun bagian pesawat Air Asia yang dilakukan oleh Tim SAR Gabungan masih terkendala cuaca. Beberapa penyelam mencoba melakukan penyelaman, namun kembali lagi, karena kondisi di perairan yang tidak memungkinkan. Begitu juga dengan pesawat milik Rusia, yang terpaksa kembali saat mencoba masuk ke searching area, karena cuaca tidak memungkinkan.

Dilaporkan, Minggu, Tim SAR Gabungan kembali menemukan empat jenazah dan sudah dikirim ke Surabaya. Berati, jumlah jenazah yang sudah ditemukan 34. Dua hari terakhir ini dinamika di daerah operasi masih sama dengan hari sebelumnya, yaitu cuaca.

Kabasarnas mengatakan, Tim SAR Gabungan berusaha semaksimal mungkin untuk bertarung dengan cuaca demi menemukan jenazah dan bagian pesawat. Yang jadi tantangan terbesar dalam pencarian black box adalah masalah lumpur di dasar laut. (ril/ender)

Berita Terkait

Komentar

Komentar