Sentimen Eropa Dorong Penguatan Rupiah

rupiah-naik

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Head of Research Woori Korindo Securities Indonesia (WKSI), Reza Priyambada memaparkan, ekspektasi penyelesaian utang Yunani memberikan sentimen terhadap laju Euro sehingga mampu melampaui pergerakan US$.

Kondisi tersebut dimana Komisi Eropa bersama para kreditur internasional Yunani dan pemerintah Yunani terlihat memiliki pandangan dan visi yang sama untuk segera mengakhiri kemelut utang tersebut dan disertai dengan harapan akan kemajuan kesepakatan Rusia-Ukraina.

“Di sisi lain, sentimen positif juga datang dari kembali positifnya pertumbuhan ekonomi Jepang dan kenaikan pertumbuhan FDI China memberikan angin segar pada pergerakan Yen dan Yuan,” ujar Reza, Selasa (17/2/15).

Tentu saja, laju positif mata uang tersebut berimbas pada laju Rupiah yang mampu mengambil kesempatan tersebut untuk kembali mengalami kenaikan. Laju Rupiah berada di atas target level resisten 12.750.

“Kami masih berharap yang sama dimana adanya sentimen positif dari Euro yang diikuti pergerakan positif dari Yen dan Yuan mampu kembali mendorong pergerakan Rupiah di zona hijaunya,” ungkap Reza.

Meski diharapkan masih ada peluang penguatan namun, tetap mewaspadai potensi potensi pembalikan arah (jika ada). Rp 12.750-12.739 (kurs tengah BI). (angga)

Berita Terkait